EkoBis: Jurnal Ekonomi & Bisnis
Vol 2, No 1: September 2021

Pengaruh CR, ROA dan DER terhadap Harga Saham (Studi Kasus pada Perusahaan Food & Beverages yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada Tahun 2016 -2019)

Pratiwi Yogiani (Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Bhayangkara Surabaya)
Arief Rahman (Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Bhayangkara Surabaya)
Masyhad Masyhad (Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Bhayangkara Surabaya)



Article Info

Publish Date
22 Oct 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menguji pengaruh dari CR ROA dan DER terhadap harga saham pada perusahaan food & beverages yang terdaftar di bursa efek indonesia. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan data sekunder berupa laporan keuangan tahunan & harga saham. Perusahaan yang dijadikan sampel pada penelitian ini adalah 15 perusahaan  Food & Beverages yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2016-2019   Penelitian ini menggunakan alat uji F untuk menguji pengaruh secara simultan, uji t untuk menguji pengaruh secara simultan, uji dominan. Variabel independen dalam penelitian ini terdiri dari CR (XI) ROA (X2), dan DER (X3) sedangkan untuk variabel dependen yaitu harga saham (Y) Hasil penelitian menunjukkan bahwa current ratio dan return on assets secara parsial tidak berpengaruh sedangkan debt to equity ratio berpengaruh paling dominan terhadap harga saham.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

ekobis

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

EkoBis: Jurnal Ekonomi & Bisnis merupakan jurnal elektronik yang berisikan artikel ilmiah, hasil penelitian dan pengabdian masyarakat dalam bidang ekonomi dan bisnis. Jurnal ini diterbitkan oleh Fakultas Ekonomi dan Bisnis Bhayangkara Surabaya. EkoBis: Jurnal Ekonomi & Bisnis Terbit secara berkala ...