Equity: Jurnal Akuntansi
Vol 2, No 1: September 2021

PENGARUH FAKTOR-FAKTOR FRAUD TRIANGLE TERHADAP PERILAKU KECURANGAN AKADEMIK (STUDI PADA MAHASISWA S1 AKUNTANSI DI SURABAYA)

Aina Dwi Oktavia (Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Bhayangkara Surabaya)
Arief Rahman (Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Bhayangkara Surabaya)
Mahsina Mahsina (Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Bhayangkara Surabaya)



Article Info

Publish Date
22 Oct 2021

Abstract

Penelitianinimenguji faktor-faktoryangberpengaruhterhadapperilakukecuranganakademik mahasiswa menggunakankonsepfraudtriangle,yaitutekanan, kesempatan dan rasionalisasi. Dalampengumpulan datamenggunakankuesioner denganmetodepurposivesampling.Model regresiyang digunakandalampenelitian ini adalah modelregresi linearbergandadengan bantuanSPSS.Sampel Penelitiansebanyak98mahasiswaS1Akuntansidi Surabaya. Penelitianinidiharapkandapatmenjadisuatupenelitianyang mampumenggaliinformasi terkait tekanan, kesempatan dan rasionalisasi terhadap perilaku kecurangan. Selanjutnyahasil penelitianinidiharapkandapatmeminimalisirsetiapfaktortersebutuntukmengurangiperilaku kecuranganakademik.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwasecaraparsial tekanan berpengaruhnegatif   terhadapperilakukecuranganakademik.Sebaliknya,kesempatandan rasionalisasisecaraparsialberpengaruh positif terhadap perilaku kecurangan akademik.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

equity

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

Equity: Jurnal Akuntansi merupakan jurnal elektronik yang berisikan artikel ilmiah, hasil penelitian dan pengabdian masyarakat dalam bidang ekonomi akuntansi. Jurnal ini diterbitkan oleh Program Studi Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Bhayangkara Surabaya. Equity: Jurnal Akuntansi ...