Socia : Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial
Vol 17, No 2 (2020): SOCIA: Jurnal Ilmu-ilmu Sosial

Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Akuntansi Keuangan

Siswanto Siswanto (Universitas Negeri Yogyakarta)
Ristiana Dwi Lestari (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Oct 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan Motivasi Belajar Akuntansi melalui penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS). Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahapan, yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian siswa kelas XI Akuntansi 3 SMK Muhammadiyah Wonosari Tahun Ajaran 2018/2019. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan observasi, angket dan dokumentasi. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu berupa lembar observasi dan angket. Teknik analisis data yang dilakukan adalah analisis data deskriptif kuantitatif dengan persentase yang dilakukan dengan menghitung skor Motivasi Belajar Akuntansi, menyajikan data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share dapat meningkatkan Motivasi Belajar Akuntansi yang ditunjukkan dengan adanya peningkatan persentase skor Observasi Motivasi Belajar setelah dilakukan tindakan pada siklus I, skor rata-rata mengalami peningkatan sebesar 11,30% dari 73,67% menjadi 84,96% pada siklus II. Sedangkan pada angket terjadi peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 9,93% dari 70,50% di siklus I menjadi 80,43% di siklus II.This study aims to increase the motivation to learn accounting through the application of the Think Pair Share (TPS) Cooperative Learning Model. This research is a Classroom Action Research (CAR) which was carried out in two cycles. Each cycle consists of four stages, namely planning, action, observation, and reflection. The research subjects were students of class XI Accounting 3 SMK Muhammadiyah Wonosari 2018/2019 Academic Year. Data collection techniques were carried out by observation, questionnaires and documentation. The research instrument used is in the form of observation sheets and questionnaires. The data analysis technique used is descriptive quantitative data analysis with percentages which is carried out by calculating Accounting Learning Motivation scores, presenting data and drawing conclusions. The results showed that the application of the Think Pair Share Cooperative Learning Model could increase Accounting Learning Motivation as indicated by an increase in the percentage of Learning Motivation Observation scores after the action in the first cycle, the average score increased by 11.30% from 73.67%. to 84.96% in the second cycle. While in the questionnaire there was an increase from cycle I to cycle II by 9.93% from 70.50% in cycle I to 80.43% in cycle II.

Copyrights © 2020