Journal of SPORT (Sport, Physical Education, Organization, Recreation, and Training)
Vol 4, No 2 (2020): Journal of S.P.O.R.T

Pengaruh Gaya Mengajar Komando dan Motivasi Belajar Rendah Terhadap Hasil Belajar Keterampilan Stut Senam Lantai

Fegie Rizkia Mulyana (Pendidikan Jasmani FKIP Universitas Siliwangi, Indonesia)



Article Info

Publish Date
25 Dec 2020

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh informasi tentang pengaruh motivasi belajar rendah terhadap hasil belajar stut senam lantai melalui gaya mengajar komando. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode eksperimen. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling, teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji-t. Berdasarkan hasil analisis statistik menggunakan t-test, terdapat perbedaan nilai rata-rata pretest dan posttest hasil belajar stut bagi mahasiswa yang memiliki motivasi  belajar rendah yang diajar melalui gaya mengajar komando. Namun dari hasil analisis data menunjukkan t hitung (-6,8707) dari t tabel (2,2621) yang berarti Ho diterima dan H1 ditolak, sehingga dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara gaya mengajar komando dan hasil keterampilan stut bagi mahasiswa yang memiliki motivasi belajar rendah. Implikasi dari penelitian ini bagi seorang dosen atau guru, dapat menjadi pertimbangan dalam memilih gaya mengajar yang sesuai dengan karakteristik dan kebutuhan mahasiswanya.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

sport

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Artikel yang diterbitkan pada Journal of S.P.O.R.T melingkupi berbagai macam penelitian yang bertema olahraga pendidikan, olahraga prestasi dan olahraga rekreasi. Olahraga pendidikan melingkupi : Model pembelajaran penjas, metode pembelajaran penjas, dan yang berkaitan dengan olahraga pada tingkat ...