JURNAL SeMaRaK
Vol 4, No 3 (2021): Jurnal Semarak

PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN PROMOSI TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN DALAM MENGGUNAKAN JASA SAMPURNA LAUNDRY

Andri Priadi (Universitas Pamulang)
Styo Budi Utomo (Universitas Pamulang)



Article Info

Publish Date
08 Oct 2021

Abstract

Adapun tujuan dari penelitian adalah mengetahui pengaruh kualitas pelayanan dan promosi terhadap kepuasan pelanggan, mengetahui kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan dan mengetahui pengaruh promosi terhadap kepuasan pelanggan. “Metode penelitian ini dipilih terutama karena terbatasnya waktu, biaya dan tenaga yang penulis miliki, sehingga masalah ini penulis berharap dapat meneliti aspek-aspek spesifik dari suatu keadaan secara mendalam, dalam hal ini adalah aspek pengaruh kualitas pelayanan dan promosi terhadap kepuasan pelanggan”. “Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai koefisien determinasi sebesar 0,506”. “Hal ini menunjukkan bahwa kemampuan variabel kualitas pelayanan dan promosi menjelaskan pengaruhnya terhadap variabel kepuasan pelanggan” pada sampurna laundry sebesar 38,6%. “Sedangkan sisanya 61,4% merupakan pengaruh dari variabel bebas lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini, nilai F hitung sebesar 14,056, sedangkan nilai F tabel sebesar 3,11 pada tingkat kepercayaan 95% atau α = 0,05”. “Hal ini mengindikasikan bahwa nilai hasil penelitian menolak Ho dan menerima Ha. Dengan demikian secara serempak kualitas pelayanan dan promosi berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan pelanggan sampurna laundr dan persamaan 3,782 + 0,349 X1 + 0,368 X2 artinya ada persamaan tersebut dapat dilihat bahwa kualitas pelayanan dan promosi memiliki kemampuan untuk mempengaruhi kepuasan pelanggan sampurna laundry”.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

smk

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

Jurnal SeMaRaK : Jurnal Ilmiah Prodi Manajemen Universitas Pamulang adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan 3 edisi dalam setahun yaitu pada bulan Februari, Juni dan Oktober oleh Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Pamulang. Terbit sejak bulan Februari tahun 2018. Fokus kajian jurnal ini ...