Berangkat dari fenomena bahwa anak gangguan pendengaran merupakan anak yang memiliki gaya belajar visual, maka peneliti membuat sebuah booklet pembuatan miniatur bonsai dari limbah plastik. Penelitian ini bertujuan untuk menyusun booklet yang dikembangkan dengan memenuhi kriteria yang sesuai dengan aspek kegunaan, kelayakan, ketepatan dan kepatutan. Untuk merumuskan penyusunan booklet berdasarkan pada tahapan guru dalam mengajarkan keterampilan dan berdasarkan pemahaman anak gangguan pendengaran dalam keterampilan membuat miniatur bonsai dari limbah plastik. Booklet di validasi oleh 5 orang ahli yaitu ahli grafis, ahli bahasa Indonesia, ahli pendidikan luar biasa, dan guru. Hasil validasi menunjukan bahwa booklet miniatur bonsai dari limbah plastik memenuhi kriteria yang sesuai dengan aspek kegunaan, kelayakan, ketepatan dan kepatutan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa booklet booklet miniatur bonsai dari limbah plastik masuk dalam kategori sangat baik. Sehingga booklet miniatur bonsai dari limbah plastik layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran bagi siswa gangguan pendengaran kelas X SMALB.
Copyrights © 2022