Kombud
Vol 8, No 1 (2021): KOMUNIKASI DAN KEBUDAYAAN

PENGARUH IKLAN TERHADAP MINAT BELI KOSMETIK WARDAH DI KELURAHAN PENANAE KOTA BIMA

Nur Islamiah (STISIP Mbojo Bima)
Tasrif Tasrif (STISIP Mbojo Bima)
Irham Irham (STISIP Mbojo Bima)



Article Info

Publish Date
10 Jun 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh iklan terhadap minat beli produk Wardah di Kelurahan Penana’e Kota Bima. Iklan tentang produk wardah diambil sebagai objek yang diteliti melalui penentuan rumusan masalah dari latar belakang yang dimuat dalam penelitian ini. Dengan melihat minat beli masyarakat Penana’e terhadap produk Wardah sebagai bahan yang digunakan untuk kecantikan dan daya tarik bagi perempuan. Kesadaran ini lahir dari iklan wardah yang ditayangkan melalui televisi untuk menarik minat konsumen agar membeli dan menggunakanya. Sebagaimana Wardah merupakan salah satu produk unggulan yang digunakan oleh sebagian masyarakat di Penana’e khususnya wanita. Cara khusus yang dilakukan penulis untuk mengungkap hasil penelitian yakni dengan cara menganalisa hasil data statistik yang dirancang dari indikator dan konsep, teori tentang variabel x dengan variabel y. Dua variabel ini telah diuji dengan melihat hasil nilai menggunakan analisis distibusi frekuensi dan pengolahan data melalui SPSS. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, kuesioner dan dokumentasi dalam pendekatakan kuantitatif. Bahwa melihat pengaruh variabel iklan terhadap variabel minat beli untuk menguji hipotesis H1 dengan Hipotesis Ha. Berdasarkan hasil penelitian didapat Iklan pada kosmetik wardah memiliki daya tarik yang tinggi sehinga secara langsung menimbulkan minat beli konsumen pada kosmetik wardah tersebut, menjawab semua rumusan masalah pada penelitian dan tujuan dari penelitian dengan mengunakan satu media iklan yaitu iklan televisi. Di sisi lain terdapat pengaruh variabel iklan terhadap variabel minat beli. Didapat nilai sebanyak 12, 9 %, artinya hipotesis Ha diterima dan Hipotesis H0 ditolak. Dari data tersebut terdapat pengaruh iklan terhadap minat beli produk wardah di Kelurahan Penana’e Kota Bima.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

komunikasistisip

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Komunikasi dan Kebudayaan sebagai media publikasi karya ilmiah yang dihasilkan oleh akademisi, peneliti dan ...