Edutech
Vol 20, No 2 (2021)

PENERAPAN PEMBELAJARAN SYNECTICS UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA DALAM MEMBUAT PUISI SEDERHANA MELALUI PEMBELAJARAN DARING

Ruhimat, Toto (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Jul 2021

Abstract

This study aims todetermine and describe the differences in increasing creativity skills between the application of synecntic  learning and recitation (assignment) in making simple poetry through online learning. The research method used is quantitative research with quasi-experimental in elementary school, the research sampel used is class 2 A and class 2 C SDN 113 Banjarsari Bandung City.  In assessing the ability of creativity during learning using creativity assessment techniques ( Munandar, SC, 1999) and for assessing the ability to read poetry using poetry reading indicators as learning assessment  criteria in the 2013 curriculum. It is hoped that this research can find out how the application of Synectic  learning in online learning can increase students creativity in making simple poertry in grade 2 in elementary school.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendiskripsikan perbedaan peningkatan kemampuan kreativititas antara penerapan pembelajaran   sinektik dengan resitasi (pemberian tugas) dalam membuat puisi sederhana melalui pembelajaran daring.  Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan kuasi eksperimen di Sekolah Dasar, sampel penelitian yang digunakan adalah kelas 2 A dan kelas 2 C SDN 113 Banjarsari Kota Bandung. Dalam  menilai  kemampuan  kreativitas selama pembelajaran  menggunakan teknik penilaian kreativitas (Munandar, S.C. 1999) dan untuk penilaian kemampuan membacakan puisi dengan menggunakan indikator-indikator pembacaan puisi sebagai  kriteria penilaian pembelajaran dalam kurikulum 2013.  Diharapkan penelitian ini dapat mengetahui bagaimanakah penerapan pembelajaran sinektik pada pembelajaran daring dapat meningkatkan kreativitas siswa dalam membuat puisi sederhana pada kelas 2 di Sekolah Dasar.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

edutech

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Edutech adalah jurnal majalah ilmiah di Program Studi Teknologi Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia yang terbit sebanyak tiga kali dalam setahun pada bulan Februari, Juni, dan Oktober. Semua artikel yang dikirim melalui proses peer review double blind dan ulasan editor sebelum di ...