Al Khawarizmi: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika
Vol 5, No 1 (2021): Al Khawarizmi: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika

The Effects of Problem-Based Learning on Creative Thinking Skills and Mathematical Communication Abilities of Senior High School Students

Khairul Umam (syiah kuala of university)
Suryawati Suryawati (Syiah Kuala of University)
Suhartati Suhartati (Syiah Kuala University)
M Hasbi (Syiah Kuala University)



Article Info

Publish Date
20 Sep 2021

Abstract

Pembelajaran matematika tidak hanya sekedar pembelajaran untuk mengembangkan kemampuan berhitung tetapi pembelajaran yang mengembangkan kemampuan berfikir matematika secara logis, sesuai dengan konsep matematika yang sistematis dengan melibatkan lingkungan siswa. Keterampilan berpikir kreatif dan kemampuan komunikasi merupakan dua aspek kemampuan yang harus dimiliki oleh peserta didik disamping keterampilan afektif.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran berbasis masalah (problem-based learning) terhadap keterampilan berpikir kreatif dan kemampuan komunikasi matematis siswa. Penelitian ini menggunakan kuasi eksperimen dengan desain pre-test dan post-test. Subjek penelitian terdiri dari 50 siswa SMA. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan pre-test dan post-test serta pemberian angket. Data dianalisis dengan menggunakan rubrik berpikir kreatif dan komunikasi matematis, kemudian diolah lebih lanjut dengan uji statistik. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dan komunikasi matematis siswa lebih baik daripada pendekatan pembelajaran konvensional. Oleh karena itu, penelitian ini menunjukkanbahwa strategi pembelajaran memiliki peran penting dalam pengembangan kreativitas dan komunikasi matematis siswa.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

alkhawarizmi

Publisher

Subject

Computer Science & IT Mathematics

Description

The Journal in Mathematics Educationand Mathematics Instructionwel comes any papers on mathematics education and mathematics instruction that report relevant classroom research in mathematics, evaluate and report on practices in teacher education in mathematics, review topical problems and report ...