Lakon : Jurnal Kajian Sastra dan Budaya
Vol. 10 No. 1 (2021): JURNAL LAKON

MODERNISASI, LAYAR MONITOR, DAN PERUBAHAN BUDAYA

Khadijah Aufadina (Program Studi Magister Kajian Sastra dan Budaya, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Airlangga Jl. Dharmawangsa Dalam Selatan, Kampus B, Surabaya, 60286)
Mochamad Irfansyah (Program Studi Magister Ilmu Sejarah, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Gadjah Mada Jl. Nusantara 1 Bulaksumur, Yogyakarta, 55281)



Article Info

Publish Date
08 Sep 2021

Abstract

Layar monitor menyebabkan percepatan industri di era modernisasi. Hal ini membuat banyak budaya yang berubah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perubahan budaya yang terjadi di Desa Sumbermulyo dengan menggunakan metode etnografi. Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan observasi langsung dan wawancara mendalam. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah materialisme budaya yang digagas oleh Marvin Harris. Hasil penelitian menunjukkan bahwa budaya yang terjadi pada masyarakat Desa Sumbermulyo sangat dipengaruhi oleh perubahan perilaku etis di masyarakat. Beberapa perubahan budaya yang dianggap hilang atau memudar adalah permainan tradisional yang mulai ditinggalkan. Seperti contoh, bermain di sungai, mengaktifkan langgar dan sanggar, berkurangnya aktivitas karang taruna, dan sebagainya. Budaya yang masih lestari hingga saat ini adalah Mahabaturrasul. Namun, penyelenggara masih didominasi oleh kalangan lansia yang aktif sejak muda. Perubahan budaya juga menyebabkan tingkat obesitas maupun penyakit lainnya menjadi tinggi. Penyebab perubahan budaya diakibatkan dari perilaku sedentari yang meliputi banyaknya aktivitas di dalam rumah akibat seringnya melihat layar monitor.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

LAKON

Publisher

Subject

Arts Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

LAKON adalah sebuah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Magister Kajian Sastra dan Budaya Universitas Airlangga Surabaya. Cetakan pertama terbit pada tahun 2012 dan terbit dua kali dalam setahun sejak tahun 2013. Jurnal peer-review ini juga berfungsi sebagai forum yang menampung berbagai penelitian ...