KEMBARA
Vol. 7 No. 2 (2021): Oktober

Tindak tutur ekspresif dalam video pembelajaran bahasa Indonesia

Rahajeng Shafira Raihanah Wiwaha (Universitas Negeri Malang)
Kusubakti Andajani (Universitas Negeri Malang)
Titik Harsiati (Universitas Negeri Malang)



Article Info

Publish Date
28 Oct 2021

Abstract

Pandemi Covid-19 menjadi katalisator di berbagai aspek kehidupan, termasuk bidang pendidikan, khususnya pembelajaran bahasa Indonesia. Kebijakan pembelajaran daring berdampak pada munculnya video-video pembelajaran yang disajikan melalui aplikasi YouTube. Salah satunya akun YouTube Arisa Nur Aini yang menyajikan video pembelajaran bahasa Indonesia secara monolog dalam tuturan ekspresif yang komunikatif dan menarik. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan tindak tutur ekspresif dalam video pembelajaran bahasa Indonesia pada akun YouTube Arisa Nur Aini. Data dalam penelitian ini berupa tuturan ekspresif dalam video pembelajaran tersebut yang dikumpulkan dengan teknik simak dan catat. Analisis data dilakukan dengan pendekatan pragmatik berdasarkan metode analisis data model Cresswell. Hasil penelitian menemukan fungsi tindak tutur ekspresif yang lebih bervariasi dan ada beberapa fungsi tindak tutur ekspresif yang tidak ditemukan pada penelitian sebelumnya, seperti fungsi tindak tutur ekspresif berharap, mengejek, menggoda, menyombong, berketakutan, dan memotivasi. Tindak tutur ekspresif yang ditemukan disampaikan dengan wujud tindak tutur yang memberikan pemahaman dan melibatkan siswa dalam pembelajaran. Dengan demikian, materi bahasa Indonesia dapat tersampaikan kepada siswa dengan baik dan tujuan pembelajaran dapat tercapai.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

KEMBARA

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

KEMBARA diterrbitkan sejak April 2015 oleh Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Muhammadiyah Malang. KEMBARA memuat artikel hasil penelitian bahasa, sastra, dan pengajarannya, yang diterbitkan pada bulan April dan ...