Jurnal Edukasi Matematika dan Sains
Vol 9, No 2 (2021)

Efektivitas Penggunaan Modul Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika Kelas X Program IPS SMA Negeri 1 Kisaran

Mapilindo Mapilindo (Universitas Asahan)
Sri Rahmayanti (Universitas Asahan)
Bambang Gulyanto (Universitas Asahan)



Article Info

Publish Date
08 Sep 2021

Abstract

Penilaian modul merupakan pendekatan baru yang diperkenalkan para ahli pendidikan untuk dilaksanakan di sekolah selain pendekatan penilaian yang telah lama digunakan.  Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan modul pembelajaran Pendidikan matematika dalam pencapaian hasil belajar siswa secara optimal. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X yang terdiri atas 215 siswa. Dengan demikian kelompok siswa yang mendapatkan perlakuan dengan menggunakan modul pembelajaran memiliki skor rata-rata yang lebih tinggi dibandingkan dengan kelompok siswa yang dalam pembelajaran tanpa menggunakan modul dalam pembelajaran matematika. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif serta menggunakan One Group Pretest-Posttest Design. Uji yang dilakukan adalah n-gain, uji normalitas, uji homogenitas serta uji T-test (Paired Sample T-Test). Hasil penelitian menunjukkan bahwa keefektifan penggunaan modul perhitungan n-gain adalah 0,61 dikategorikan sedang. Uji normalitas dengan Kolmogorov-Sminorv menunjukkan signifikan 0,200 (pretest), 0,092 (posttest), 0,200 (gain), dan 0,200 (n-gain) yang menunjukkan signifikansi > 0,05 (berdistribusi normal). Uji homogenitas dengan Lavene test menunjukkan signifikansi rata-rata 0,98 > 0,05 (homogen). Rata-rata nilai kelas sebelum dan sesudah penggunaan modul naik dari 61,13 menjadi 85,13 dengan uji Paired Sample T-Test diperoleh tingkat signifikansi 0,00, < 0,05 (efektif). Hasil uji lapangan menunjukkan bahwa pemberian modul matematika untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan kategori peningkatan “sedang”.

Copyrights © 2021