Jurnal Edukasi Matematika dan Sains
Vol 9, No 2 (2021)

ANALISIS SOAL BUKU MANDIRI MATEMATIKA TERBITAN ERLANGGA SMP MATERI TRANSFORMASI BERDASARKAN TAKSONOMI BLOOM REVISI

Meicindy Jeny Klorina (Universitas Bengkulu)
Ringki Agustinsa (Universitas Bengkulu)
Agus Susanta (Universitas Bengkulu)



Article Info

Publish Date
08 Sep 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan sebaran tingkat kognitif yang terdapat pada soal pilihan ganda dan soal esai materi transformasi dalam buku mandiri matematika terbitan Erlangga SMP kelas IX materi transformasi Taksonomi Bloom revisi yang digunakan ialah pada dimensi proses kognitif yang terdiri dari: mengingat (C1), memahami (C2), mengaplikasikan (C3), menganalisis (C4), mengevaluasi (C5), dan mencipta (C6). Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Metode Pengumpulan data pada penelitian ini adalah metode dokumentasi. Sumber data penelitian pada penelitian ini adalah soal pilihan ganda dan soal esai materi transformasi pada buku mandiri matematika KelasĀ  IX. Soal-soal pilihan ganda dan soal esai yang dianalisis berjumlah 124 soal dengan tingkat kognitif memahami (C2) sebanyak 12 soal (9,68%), mengaplikasikan (C3) sebanyak 109 soal (87,90%), menganalisis (C4) sebanyak 3 pertanyaan (2,42%) serta tidak adanya tingkat kognitif mengingat (C1), mengevaluasi(C5), dan mencipta(C6). Soal pilihan ganda dan esai pada materi transformasi ini mendominasi kedalam tingkat kognitif mengaplikasikan (C3). Sehingga, didapat bahwa sebaran tingkat kognitif soal pilihan ganda dan soal esai materi transformasi belum proposional.

Copyrights © 2021