Dinamisia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
Vol. 5 No. 5 (2021): Dinamisia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat

Pelatihan Strategi Pembelajaran Daring Bagi Guru-Guru di SDN O1 dan O5 Pluit

Clara Ika Sari Budhayanti (Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya)
Lorensius Noel Praba (Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya)



Article Info

Publish Date
24 Oct 2021

Abstract

Pembelajaran daring merupakan salah satu kebijakan yang diambil pemerintah untuk mengurangi penyebaran virus Covid-19. Meskipun pembelajaran daring sudah dilaksanakan selama satu tahun lebih, guru masih kesulitan dalam pengelolaan pembelajaran daring. Kesulitan dalam pengelolaan pembelajaran ini juga terjadi pada guru-guru di SDN 01 dan 05 Pluit. Pelatihan ini bertujuan untuk membantu guru di SDN 01 dan 05 Pluit untuk memahami dan merancang pembelajaran daring dengan berbagai strategi pembelajaran daring. Hasil pelatihan menunjukkan bahwa meskipun guru belum memahami pembelajaran daring seutuhnya, guru sudah mampu merancang pembelajaran daring yang ditunjukkan dengan adanya kegiatan asinkronus dan sinkronus. Rancangan pembelajaran daring masih sangat sederhana terlihat dari pemilihan platform pembelajaran yang terbatas pada WhatsApp group dan Zoom Meetings, serta penggunaan media pembelajaran YouTube dan Quizziz. Oleh karena itu disarankan bagi SDN 01 dan 05 Pluit untuk menindaklanjuti pelatihan ini dengan pelatihan-pelatihan lain yang relevan seperti penggunaan platform pembelajaran yang mengaktifkan siswa belajar.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

dinamisia

Publisher

Subject

Social Sciences Other

Description

Focus and Scope of Jurnal Dinamisia is a National Journal based on the results of Community Service Activities in Applied Science and Social ...