Wahana Kreatifitas Pendidik (WKP)
Vol 4 No 3 (2021): Volume 4 No.3 Tahun 2021

Meningkatkan Kinerja Guru Matematika Melalui Metode Kooperatif Model Group Investigation Di SDN Ambelang Kecamatan Tinangkung Kabupaten Banggai Kepulauan Tahun Pelajaran 2019/2020

Ahdan, Hamadan (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Oct 2021

Abstract

Penelitian tindakan sekolah ini bertujuan untuk: a) ingin mengetahui peningkatan Kinerja Guru setelah diterapkannya metode pembelajaran kooperatif model Group investigation di SDN Ambelang Kecamatan Tinangkung Kabupaten Banggai Kepulauan Tahun Pelajaran 2019/2020, b) ingin mengetahui pengaruh motivasi belajar siswa setelah diterapkan metode pembelajaran kooperatif model Group investigation di SDN Ambelang Kecamatan Tinangkung Kabupaten Banggai Kepulauan Tahun Pelajaran 2019/2020. Adapun Penelitian Tindakan Sekolah ini berlokasi di SDN Ambelang Kecamatan Tinangkung Kabupaten Banggai Kepulauan Tahun Pelajaran 2019/2020 yang ditujukan pada guru kelas V mengajar matematika dan siswa kelas V yang ada di lokasi penelitian. Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran kooperatif model Group investigation memiliki dampak positif dalam meningkatkan Kinerja Guru. Hal ini dapat dilihat dari semakin mantapnya pemahaman siswa terhadap materi yang disampaikan guru dengan ketuntasan belajar meningkat dari sklus I, II, dan III) yang masing-masing 65,00%, 80,00%, dan 90,00%. Dan pada siklus III ketuntasan belajar siswa secara klasikal telah tercapai.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

WKP

Publisher

Subject

Education

Description

Wahana Kreatifitas Pendidik (WKP) adalah Jurnal yang memuat karya ilmiah pendidik dan praktisi pendidikan sebagai hasil usaha dan kreatifitas mereka dalam mengembangkan pembelajaran. Karya ilmiah tersebut berupa artikel sepanjang 5 hingga 10 halaman yang merupakan hasil penelitian atau hasil kajian ...