Tujuan penelitian ialah untuk mengatahui proses suatu sekolah untuk bisa mendapatkan predikat akreditasi A, dan untuk mengetahui apakah sumbangsi nilai dari kelengkapan sarana dan pemanfaatan sarana sekolah berpengaruh secara signifikan terhadap pencapaian akreditasi A di SMA Negeri 1 Ladongi. Metode penelitian ini adalah kuantitatif dengan teknik pengumpulan data observasi, dokumentasi, dan kuisioner yang disebar kepada 89 responden. kemudian dianalisis menggunakan teknik deskriptif dan inferensial. Hasil penelitan yang diperoleh pada analisis deskriptif adalah kategori skor variabel adalah 70% pada variabel X dan 74% pada variabel Y. Pada analisis inferensial diperoleh hasil yaitu, secara signifikan terdapat pengaruh antara variabel pemanfaatan sarana sekolah terhadap pencapaian akreditasi A, dibuktikan dengan thitung > ttabel (4,540 > 1,9876) dengan koefisien diterminasi 0,1915 yang berarti mempunyai pengaruh sebesar 19%. Kesimpulannya adalah terdapat pengaruh yang signifikan antara pemanfaatan sarana sekolah terhadap pencapaian akreditasi A di SMA Negeri 1 Ladongi, meskipun pengaruhnya dalam persentase yang sedang, jadi pemanfaatan sarana sekolah perlu dioptimalkan lagi agar meningkatkan penilaian akreditasi sekolah.
Copyrights © 2021