Jurnal Aghniya
Vol 4, No 1 (2021)

PENGARUH PEMBELAJARAN TRIAD LEVEL++ TERHADAP KEMAMPUAN MATEMATIKA EKONOMI MAHASISWA STIESNU BENGKULU

Dodi Isran (STIESNU Bengkulu)



Article Info

Publish Date
01 Jan 2021

Abstract

Matematika dalam ekonomi dalam aplikasinya sebagai suatu media atau alat dalam menyederhanakan penyajian dan pemahaman masalah. Dimana dengan penggunaan bahasa matematika, masalah-masalah yang ada dalam ekonomi dapat menjadi lebih sederhana untuk disajikan, dipahami, dianalisis, dan dipecahkan sehingga dalam pembelajaran matematika ekonomi dibutuhkan inovasi pembelajaran salah satunya adalah dengan penerapan model pembelajaran triad level++. Dalam penelitian ini akan membahas tentang pengaruh model pembelajaran triad level++ terhadap kemampuan matematika ekonomi mahasiswa STIESNU Bengkulu. Dengan jenis penelitian adalah eksperimen dengan pendekatan kualitatif deskriftif. Sampel penelitian adalah 2 kelas mahasiswa program studi ekonomi syariah dan 2 kelas program studi perbankan syariah pada STIESNU Bengkulu. Dengan hasil penelitian pengaruh model pembelajaran triad level++ terhadap kemampuan matematika ekonomi mahasiswa STIESNU Bengkulu dengan mengontrol kemampuan awal sebagai kovariat dengan nilai statistik F= 68.845 dengan angka signifikansi 0,000. Dengan asumsi bahwa model pembelajaran  triad level++ berpengaruh positif terkadap kemampuan matematika ekonomi mahasiswa STIESNU Bengkulu.Kata Kunci: Triad level++, Model pembelajaran, matematika ekonomi, strategi pengembangan usaha 

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

aghniya

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

JURNAL AGHNIYA : is a scientific publication media that contains Islamic sciences to support the development of Islamic knowledge. This journal is published two times a year in July and January by STIES NU Bengkulu. This journal encompasses original research articles, review articles, and short ...