Belajar Bahasa : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Vol 6, No 2 (2021): BELAJAR BAHASA : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indone

Penerapan Model Pembelajaran Number Head Together: Upaya Meningkatan Keterampilan Menulis Esai Mahasiswa

Sri Widayati (Universitas Muhammadiyah Kotabumi)
Yasinta Mahendra (Unknown)
Rohmani Rohmani (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Oct 2021

Abstract

Masalah dalam penelitian ini ialah masih relatif rendahnya kemampuan mahasiswa PBSI Universitas Muhammadiyah Kotabumi untuk menulis esai, sehingga perlu digunakan metode pembelajaran Number Head Together (NHT) dalam proses pembelajaran guna membantu meningkatkan hasil kemampuan mahasiswa dalam menulis esai. Tujuan penelitian ini ialah untuk memberikan gambaran peningkatan kemampuan menulis esai pada mahasiswa PBSI Universitas Muhamadiyah Kotabumi setelah dosen memakai pembelajaran model Number Head Together (NHT). Metode yang digunakan ialah deskriptif kualitatif. Data yang didapatkan merupakan hasil dari nontes, yaitu melalui proses observasi, wawancara kepada mahasiswa, serta melakukan teknik dokumentasi berupa hasil pengujian prasiklus. Berdasarkan data penelitian yang telah diperoleh, didapati hasil bahwa terdapat peningkatan yang cukup signifikan terhadap kemampuan menulis esai pada mahasiswa PBSI Universitas Muhammadiyah Kotabumi setelah mengikuti mata kuliah menulis esai dengan menggunakan model pembelajaran NHT. 

Copyrights © 2021