PeTeKa
Vol 4, No 3 (2021): PeTeKa: Jurnal Penelitian Tindakan Kelas dan Pengembangan Pembelajaran

EFEKTIVITAS E-LEARNING QUIPPER SCHOOL DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA MASA PANDEMI COVID-19

Irfan Irfan (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan/Universitas Muhammadiyah Bulukumba)
Jihad Talib (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan/Universitas Muhammadiyah Bulukumba)
Asdar Asdar (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan/Universitas Muhammadiyah Bulukumba)



Article Info

Publish Date
02 Nov 2021

Abstract

Tujuan penelitian untuk mengetahui efektivitas e-learning Quipper School dalam pembelajaran bahasa Indonesia pada masa pandemi Covid 19. Penelitian dilaksanakan dengan tindakan kelas. Kegiatan tindakan melalui perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Data penelitian didapatkan melalui proses observasi, hasil belajar, dan pendokumentasian. Penelitian dilaksanakan pada semester ganjil  tahun pelajaran 2020/2021. Subyek penelitian yakni kelas XI IPA² dengan jumlah 31 siswa. Analisis data yang diterapkan yakni teknik deskriptif kualitatif. Hasil penelitian mengenai pelaksanaan Quipper School dalam pembelajaran Bahasa Indonesia terbukti efektif. Siklus I hasil belajar siswa 66,29% dan  siklus II meningkat 83,32%.  Peningkatan proses hasil belajar  siklus I ke siklus II yakni 17,03%.  Hasil belajar siswa dalam menganalisis teks pada siklus I hanya 62,06% dan pada siklus II  meningkat menjadi 93,10%. E-learning Quipper School efektif meningkatkan perhatian dan proses hasil belajar siswa pada pembelajaran  Bahasa Indonesia pada masa pandemi Covid-19.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

ptk

Publisher

Subject

Education

Description

PeTeka - Represents the Publication of Research Results from Lecturers, Teachers, Students and General in the field of Educational Science Special Class Action Research and Development Learning. Published by Lembaga Penelitian Pengabdian Masyarakat (LP2M) University of Muhammadiyah South ...