Tujuan penelitian untuk mengetahui efektivitas e-learning Quipper School dalam pembelajaran bahasa Indonesia pada masa pandemi Covid 19. Penelitian dilaksanakan dengan tindakan kelas. Kegiatan tindakan melalui perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Data penelitian didapatkan melalui proses observasi, hasil belajar, dan pendokumentasian. Penelitian dilaksanakan pada semester ganjil tahun pelajaran 2020/2021. Subyek penelitian yakni kelas XI IPA² dengan jumlah 31 siswa. Analisis data yang diterapkan yakni teknik deskriptif kualitatif. Hasil penelitian mengenai pelaksanaan Quipper School dalam pembelajaran Bahasa Indonesia terbukti efektif. Siklus I hasil belajar siswa 66,29% dan siklus II meningkat 83,32%. Peningkatan proses hasil belajar siklus I ke siklus II yakni 17,03%. Hasil belajar siswa dalam menganalisis teks pada siklus I hanya 62,06% dan pada siklus II meningkat menjadi 93,10%. E-learning Quipper School efektif meningkatkan perhatian dan proses hasil belajar siswa pada pembelajaran Bahasa Indonesia pada masa pandemi Covid-19.
Copyrights © 2021