Visualita : Jurnal Online Desain Komunikasi Visual
Vol 10 No 1 (2021)

PENINGKATAN DAYA SAING UMKM MINUMAN OLAHAN KOPI MELALUI STRATEGI BRANDING (STUDI KASUS: LASKAR KOPI ARJASARI)

Lukito, Wahyu (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Oct 2021

Abstract

ABSTRAK. Jumlah UMKM di wilayah Bandung yang semakin bertambah, khususnya di bidang minuman olahan kopi, membuat persaingan antar para pelaku usaha meningkat. Persaingan tersebut menimbulkan masalah bagi UMKM untuk berkembang. Selain mengalami salah satu permasalahan dari eksternal tersebut, UMKM pun memiliki permasalahan internal. Mayoritas permasalahan internal yang dialami UMKM adalah dalam hal pemasaran. Dari permasalahan tersebut dibutuhkan sebuah penelitian untuk menganalisis dan merumuskan strategi branding lewat identitas visual, untuk meningkatkan daya saing UMKM minuman olahan kopi yang menjadi objek penelitian. Studi kasus dalam penelitian ini adalah Laskar Kopi Arjasari. Penelitian ini menggunakan pendekatan fenomenologi kualitatif, untuk mengetahui bagaimana kondisi operasional dan faktor-faktor yang mempengaruhi Laskar Kopi Arjasari dalam menjalankan usahanya, dengan melakukan analisis internal dan ekternal perusahaan. Diharapkan dengan dilakukannya studi analisis ini para stakeholder terkait, baik pelaku usaha maupun desainer, menjadikan penelitian ini sebagai referensi dalam menentukan strategi branding yang tepat, efektif dan efisien bagi UMKM. Strategi yang dapat dilakukan adalah fokus diferensiasi. Hasil yang dicapai, Laskar Kopi Arjasari dapat berfokus pada pengembangan value produk dan mengoptimalkan brand identity yang dimiliki. Brand identity Laskar Kopi Arjasari dapat dioptimalkan dengan cara mengimplementasikannya pada media-media promosi, baik media promosi offline maupun media promosi online.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

visualita

Publisher

Subject

Arts Humanities

Description

The Online Visual Communication Design Visualita Journal is dedicated to disseminating findings or research and original ideas about design, applied arts, and visual culture, which is published in 2 (two) episodes a year, namely in April and October. The scope of the Visualita Journal covers an ...