Jurnal Manajemen Sains
Vol 1, No 3 (2021): September, Jurnal Manajemen Sains

PERSEPSI KEMUDAHAN PENGGUNAAN APLIKASI SHOPEE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN ONLINE PADA USERS DI KABUPATEN BUNGO

Hasdani Hasdani (Ilmu Administrasi Bisnis, STIA Setih Setio, Muara Bungo, Indonesia)
Mohammad Nasir (Ilmu Administrasi Bisnis, STIA Setih Setio, Muara Bungo, Indonesia)
Burhanuddin Burhanuddin (Ilmu Administrasi Negara, STIA Setih Setio, Muara Bungo, Indonesia)



Article Info

Publish Date
13 Sep 2021

Abstract

Persepsi kemudahan penggunaan merupakan tingkat keyakinan dari pengguna terhadap suatu usaha dalam menggunakan sebuah sistem. Shopee merupakan salah satu marketplace terkemuka yang dluncurkan sejak tahun 2015. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi kemudahan penggunaan aplikasi Shopee terhadap keputusan pembelian online pada pengguna (users) di Kabupaten Bungo. Populasi penelitian ini adalah pengguna Shopee yang tidak diketahui jumlahnya. Ukuran sampel sebanyak 110 responden yang ditarik dengan teknik purposive sampling melalui penyebaran kuisioner yang berisi 22 item pernyataan. Metode analisis data yang digunakan adalah regresi linier sederhana. Berdasarkan hasil pengolahan data, diperoleh model persamaan Y= 19,281 + 0,456X + e. Untuk hasil uji statistik menunjukkan hipotesis diterima yaitu terdapat pengaruh antara persepsi kemudahan penggunaaan aplikasi Shopee terhadap keputusan pembelian online pada pengguna Shopee di Kabupaten Bungo. Saran yang diberikan pada Shopee yaitu agar dapat mempertahankan dan terus meningkatkan fitur kemudahan penggunaan yang terdapat dalam aplikasi ShopeeKata Kunci: Persepsi Kemudahan Penggunaan; Keputusan Pembelian Online.Abstract:  The ease perception user is the level of user confidence towards an effort in using a system. Shopee is one of the leading marketplaces launched since 2015. This research aims to find the influence perception of ease of use of Shopee application on online purchase decisions on users in Bungo Regency. The population in the study was an unknown number of Shopee users. The sample size respondents of 110 with purposive sampling techniques through the dissemination of questionnaires containing 22 statement items. The data analysis method used is simple linear regression. Based on the results of processing data, the equation model Y = 19.281 + 0.456X + e. The results of statistical tests showed the hypothesis received that there is an influence between the perception of ease of use of Shopee application to online purchase decisions on users in Bungo Regency. The advice given to Shopee is to maintain and continue to improve the ease of use features contained in the Shopee application..

Copyrights © 2021