Jurnal Refleksi Pembelajaran (JRP)
Vol 6 No 3 (2021): Volume 6 No.3 Tahun 2021

Mengefektifitaskan Prestasi Belajar Matematika Melalui Metode Pembelajaran Mental Activities Learning Pada Siswa Kelas IX-1 Semester Genap Di SMP Negeri 3 Nawangan, Kabupaten Pacitan Tahun Pelajaran 2018/2019

Wawan Yulianto. S.Pd. M.M.Pd. (SMP Negeri 3 Nawangan, Kabupaten Pacitan)



Article Info

Publish Date
24 Oct 2021

Abstract

Dengan menggunakan Strategi Pembelajaran Mental Activities Learning (Pembelajaran yang mengembangkan pengingatan, memecahkan soal dan menanggapi) sebagai teknik atau metode pembelajaran dapat berjalan dengan optimal. Siswa dapat dengan mudah memahami dan menguasai materi pelajaran, di samping itu siswa dituntut untuk aktif, bertanggung jawab dan disiplin dalam kegiatan belajar mengajar. Hal ini terlihat pada pertemuan I dalam pembahasan materi pembelajaran pengertian dan sumber-sumber Matematika, pada siklus I dinyatakan 60.58 (60.58%) dinyatakan belum tuntas. Dan perlu diadakan kegiatan pada siklus ke II. Sedangkan pada Siklus II Dari data diatas disimpulkan pada kegiatan siklus ke II ini hasil prestasi belajar siswa dengan menggunakan Strategi Pembelajaran Mental Activities Learning secara rata rata sebesar 77.94 (77.94%). Hal ini berada diatas SKBM yang telah ditentukan pada awal pembelajaran sebesar 65. Sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil evaluasi pada siklus II dinyatakan 77.94 (77.94%) dinyatakan tuntas. Melalui Penerapan metode pembelajaran Mental Activities Learning mempunyai pengaruh positif, yaitu dapat Mengefektifitaskan motivasi belajar siswa yang ditunjukan dengan hasil wawancara dengan sebagian siswa, rata-rata jawaban siswa menyatakan bahwa siswa tertarik dan berminat dengan metode pembelajaran Mental Activities Learning sehingga mereka menjadi termotivasi untuk belajar. Sehingga dalam kegiatan penelitian ini dapat dinyatakan berhasil atau Tuntas.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JRP

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal ini memuat karya ilmiah pendidik sebagai hasil usaha mengembangkan pembelajaran. Karya ilmiah tersebut berupa artikel sepanjang 5 hingga 10 halaman yang merupakan hasil penelitian atau hasil kajian pustaka yang disusun berdasarkan kaidah artikel ilmiah.Jurnal ini memuat minimal 3 (tiga) ...