Jurnal Refleksi Pembelajaran (JRP)
Vol 6 No 3 (2021): Volume 6 No.3 Tahun 2021

Peningkatan Hasil Belajar Melakukan Penjumlahan Dan Pengurangan Bilangan Pada Mata Pelajaran Matematika Melalui Model Rotating Trio Exchange Siswa Kelas I SDN Cangkring 1 Kecamatan Krembung Kabupaten Sidoarjo

Eko Sulistyawati, S.Pd.SD (SDN Cangkring 1 Kecamatan Krembung Kabupaten Sidoarjo)



Article Info

Publish Date
24 Oct 2021

Abstract

Berdasarkan hasil observasi di Kelas I SDN Cangkring 1 Krembung Kabupaten Sidoarjo, maka diperoleh data rendahnya hasil belajar pada mata pelajaran Matematika. Hal ini dilihat dari data prestasi Matematika mencapai mean skor 57,20 dan siswa yang dinyatakan tuntas belajar hanya 52,00% dengan standar ketuntasan minimal ditetapkan 75. Diharapkan dengan adanya penerapan pembelajaran kooperatif model Rotating Trio Exchange ini terjadi peningkatan hasil belajar Matematika, mean skor meningkat menjadi 75 atau lebih dan siswa yang dinyatakan tuntas belajar mencapai 75% dari keseluruhan jumlah siswa di Kelas I. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, yang dilaksanakan dalam 3 siklus, tiap siklus terdiri atas 2 pertemuan dan tiap pertemuan dilaksanakan selama 2 jam pelajaran (2 x 35 menit), dan setiap siklus terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi, wawancara dan jurnal. Tujuan yang diharapkan dari penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan pada mata pelajaran Matematika melalui Pembelajaran Kooperatif model Rotating Trio Exchange Siswa Kelas I SDN Cangkring 1 Krembung Kabupaten Sidoarjo Semester I Tahun Pelajaran 2018/2019. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar dapat ditingkatkan dengan pembelajaran kooperatif model Rotating Trio Exchange. Hal ini dapat dibuktikan dengan adanya kenaikan nilai rerata kelas dalam setiap siklusnya. Masing-masing siklus I sebesar 73,40, siklus II sebesar 78,80 dan siklus III 84,80. Selain itu peningkatan ini juga didukung dengan adanya peningkatan persentase ketuntasan belajar siswa yaitu pada siklus I sebesar 60,00%, siklus II meningkat menjadi 84,00% dan siklus III meningkat dengan pesat sebesar 96,00%.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JRP

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal ini memuat karya ilmiah pendidik sebagai hasil usaha mengembangkan pembelajaran. Karya ilmiah tersebut berupa artikel sepanjang 5 hingga 10 halaman yang merupakan hasil penelitian atau hasil kajian pustaka yang disusun berdasarkan kaidah artikel ilmiah.Jurnal ini memuat minimal 3 (tiga) ...