Jurnal STIE Semarang (Edisi Elektronik)
Vol 13 No 3 (2021): VOLUME 13 NOMOR 3 EDISI OKTOBER 2021

ANALISIS INOVASI PRODUK, ORIENTASI PASAR DAN KUALITAS LAYANAN TERHADAP KINERJA PEMASARAN PRODUK HOME INDUSTRI TOKO KUE DI AMBARAWA ( STUDI KASUS TOKO ROTI WELLDONE )

Ernawati, Fidyah Yuli (Unknown)
Sarbullah, Sarbullah (Unknown)
Zulkifli, Zulkifli (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Oct 2021

Abstract

Abstrac.To win this competition, companies must be able to pay attention to customers and the capabilities of their competitors so that they can coordinate with the company's resources. Product innovation, market orientation, and service quality are very important for improving marketing performance in achieving competitive advantage. The objectives of this study were: 1) To determine the effect of product innovation on the marketing performance of cake products at the Welldone Ambarawa Bakery, 2) To determine the effect of market orientation on the marketing performance of cakes at the Welldone Ambarawa Bakery, 3) To determine the effect of market orientation on marketing performance. cake at Welldone Ambarawa Bakery. In this study, the population is buyers from the Welldone Bakery in Ambarawa where the number of buyers cannot be known. The number of samples taken from this study were 78 buyers. The variables in this study are product innovation, market orientation, and service quality. Methods of collecting data using library research methods, documentation, questionnaires (the results of distributing questionnaires). Methods of analysis: Validity Test, Reliability Test, Classical Assumption Test. Multiple linear regression analysis, t test, F test, and determination test (R2). The results of the t test can be seen if the product innovation variable has no significant effect on marketing performance. Meanwhile, market orientation and service quality variables have a positive and significant impact on marketing performance. The results of the F test show that the variables of product innovation, market orientation, and service quality have a simultaneous effect on marketing performance. Based on the results of the determination test or R2 in this study, it was 0.387 or 38%. This shows that the percentage of independent influence (X1 = Product Innovation, X2 = Market Orientation and X3 = Service Quality) on the dependent variable (Y = Marketing Performance) is 38%. While the remaining 62% is explained by other variables not included in this study such as product quality, entrepreneurial orientation. Based on these results, it can be concluded that market orientation and service quality are factors that influence marketing performance at the Welldone Ambarawa Bakery. Suggestions obtained from this study are for shop owners to pay more attention to innovation, market orientation, and service quality to advance or increase the consumer appeal of the bakery. Abstrak. Untuk memenangkan kompetisi ini, perusahaan harus mampu memperhatikan pelanggan dan kemampuan pesaingnya sehingga dapat mengkoordinasikan dengan sumber daya yang dimiliki perusahaan. Inovasi produk, orientasi pasar, dan kualitas layanan merupakan hal yang sangat penting bagi peningkatan kinerja pemasaran dalam mencapai keunggulan bersaing. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui pengaruh inovasi produk terhadap kinerja pemasaran produk kue di Toko Roti Welldone Ambarawa, 2) Untuk mengetahui pengaruh orientasi pasar terhadap kinerja pemasaran kue di Toko Roti Welldone Ambarawa, 3) Untuk mengetahui pengaruh orientasi pasar terhadap kinerja pemasaran kue di Toko Roti Welldone Ambarawa. Dalam penelitian ini yang menjadi populasi yaitu pembeli dari Toko Roti Welldone di Ambarawa yang dimana jumlah pembeli tidak dapat diketahui. Jumlah Sampel yang diambil dari penelitian ini sejumlah 78 pembeli. Variabel dalam penelitian ini adalah inovasi produk, orientasi pasar, dan kualitas layanan. Metode pengumpulan data menggunakan metode penelitian kepustakaan , dokumentasi, angket (hasil penyebaran kuesioner). Metode analisis: Uji Validitas, Uji Reliabilitas , Uji Asumsi Klasik. Analisis uji regresi linear berganda, Uji t, Uji F , dan Uji determinasi (R2 ). Hasil uji t dapat diketahui jika variabel inovasi produk tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja pemasaran. Sedangkan variabel orientasi pasar dan kualitas layanan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pemasaran. Hasil uji F menunjukkan jika variabel inovasi produk, orientasi pasar, dan kualitas layanan berpengaruh secara simultan terhadap kinerja pemasaran. Berdasarkan hasil uji determinasi atau R2 pada penelitian ini adalah 0,387 atau 38%. Hal ini menunjukkan bahwa persentase pengaruh independen (X1= Inovasi Produk, X2= Orientasi Pasar dan X3= Kualitas Layanan ) terhadap varibel dependen (Y= Kinerja Pemasaran) sebesar 38%. Sedangkan sisanya adalah 62% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini semisal yaitu kualitas produk, orientasi kewirausahaan. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa orientasi pasar dan kualitas layanan merupakan faktor yang berpengaruh terhadap kinerja pemasaran di Toko Roti Welldone Ambarawa. Saran yang di peroleh dari penelitian ini yaitu supaya pemilik toko lebih memperhatikan tentang inovasi , orientasi pasar , dan kualitas layanan untuk kemajuan atau meningkatkan daya tarik konsumen toko roti tersebut.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jurnal

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education

Description

JURNAL EKONOMI STIE SEMARANG is published by SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI SEMARANG, Center Java, Indonesia. It is published three times a year February, June and October. JURNAL EKONOMI STIE SEMARANG is organized by the Lecturers of STIE SEMARANG and Journal Developer Team. The articles published in ...