EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 3, No 6 (2021): December Pages 3500-5500

Perencanaan Strategi Guru dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada masa Covid-19

Wahid Hasim (Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Curup, Indonesia)
Kusen Kusen (Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Curup, Indonesia)
Hartini Hartini (Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Curup, Indonesia)
Mirzon Daheri (Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Curup, Indonesia)



Article Info

Publish Date
30 Aug 2021

Abstract

Adanya COVID-19 yang menyebar keseluruh dunia, termasuk di Indonesia telah menimbulkan banyak korban jiwa. Hal ini memaksa pemerintah mengeluarkan kebijakan Pembelajaran Jarak Jauh, diantaranya melalui daring, agar kegiatan pendidikan tetap berjalan, termasuk Pendidikan Agama Islam. Tentunya guru memerlukan perencanaan strategi yang berbeda dari perencanaan strategi sebelumnya, dalam menanamkan nilai-nilai Islam kepada siswa yang menjadi bagian penting tujuan pendidikan nasional. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan memahami bagaimana perencanaan strategi guru dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam akibat COVID-19. Teknik pengumpulan datanya melalui wawancara terhadap 5 orang responden sebagai informan. Hasil yang didapat yaitu bahwa guru menempuh perencanan strategi pembelajaran dengan membangun kesiapan siswa dalam pembelajaran, mendesain perencanaan pembelajaran, penggunaan strategi dan metode, penggunaan media, sumber belajar dan bahan ajar, alokasi waktu, dan penilaian hasil belajar formatif.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...