EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 3, No 6 (2021): December Pages 3500-5500

Pengaruh Strategi Pembelajaran Mind Mapping dan Rasa Percaya Diri terhadap Kemampuan Berbicara Bahasa Inggris

Yuliana Maria D’ Karmel Kara (Universitas Flores, Indonesia)
Marianus Woda Liru (Universitas Flores, Indonesia)



Article Info

Publish Date
01 Nov 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk   menginvestigasi   kemampuan   berbicara  bahasa  Inggris dengan strategi pembelajaran Mind Mapping dan pengaruh interaksi antara strategi pembelajaran dan rasa percaya diri  terhadap kemampuan berbicara bahasa Inggris.  Penelitian ini adalah quasi-experimen dengan  rancangan  penelitiannya  adalah desain faktor 2x2. Populasi penelitian adalah 60 siswa demgan intac kelas dan secara  random. Teknik pengumpulan data dalam peneltian ini menggunakan teknik tes dan non-tes. Dalam menganalisis data menggunakan teknik statistik deskriptif dan inferensial. Teknik inferensial yang digunakan adalah teknik analisis Varians (ANOVA) dua jalur dengan taraf signifikan 0,05 %. Uji normalitas data menggunakan Shapiro-Wilk dan uji homogenitas menggunakan uji Levene dan analisis dilanjutkan dengan menggunakan uji T. Hasil penelitian menunjukan bahwa ada perbedaan yang signifikan kemampuan penggunaan strategi pembelajaran Mind Mapping dan strategi pembelajaran  kovensional  dengan  taraf signifikasi <0.5 (0.004<0.5). Sementara itu, ada interaksi yang sangat signifkan antara motivasi dan kemampuan membaca dengan nilai perbedaannya  0.000<0.5.  Dari  perolehan  hasil  penelitian  ini  dapat  disimpulkan  bahwa strategi pembelajaran Mind Mapping lebih efektif dibandingkan dengan    strategi pembelajaran konvensional, dan adanya hubungan  interaksi antara strategi pembelajaran Mind Mapping dan rasa percaya diri terhadap kemampuan berbicara siswa dalam pembelajaran bahasa Inggris

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...