Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi kemampuan berbicara bahasa Inggris dengan strategi pembelajaran Mind Mapping dan pengaruh interaksi antara strategi pembelajaran dan rasa percaya diri terhadap kemampuan berbicara bahasa Inggris. Penelitian ini adalah quasi-experimen dengan rancangan penelitiannya adalah desain faktor 2x2. Populasi penelitian adalah 60 siswa demgan intac kelas dan secara random. Teknik pengumpulan data dalam peneltian ini menggunakan teknik tes dan non-tes. Dalam menganalisis data menggunakan teknik statistik deskriptif dan inferensial. Teknik inferensial yang digunakan adalah teknik analisis Varians (ANOVA) dua jalur dengan taraf signifikan 0,05 %. Uji normalitas data menggunakan Shapiro-Wilk dan uji homogenitas menggunakan uji Levene dan analisis dilanjutkan dengan menggunakan uji T. Hasil penelitian menunjukan bahwa ada perbedaan yang signifikan kemampuan penggunaan strategi pembelajaran Mind Mapping dan strategi pembelajaran kovensional dengan taraf signifikasi <0.5 (0.004<0.5). Sementara itu, ada interaksi yang sangat signifkan antara motivasi dan kemampuan membaca dengan nilai perbedaannya 0.000<0.5. Dari perolehan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa strategi pembelajaran Mind Mapping lebih efektif dibandingkan dengan strategi pembelajaran konvensional, dan adanya hubungan interaksi antara strategi pembelajaran Mind Mapping dan rasa percaya diri terhadap kemampuan berbicara siswa dalam pembelajaran bahasa Inggris
Copyrights © 2021