EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 3, No 6 (2021): December Pages 3500-5500

Pengaruh Gaya, Minat, Kebiasaan dan Lingkungan Belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa Madrasah Ibtidaiyah di Era New Normal

Desy Ana Heryyanti (IAIN Tulungagung, Indonesia)
Ahmad Tanzeh (IAIN Tulungagung, Indonesia)
Prim Masrokan (IAIN Tulungagung, Indonesia)



Article Info

Publish Date
01 Sep 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh gaya belajar, minat belajar, kebiasaan belajar dan lingkungan belajar terhadap prestasi belajar siswa di era new normal. Penelitian ini menerapkan pendekatan kuantitatif yang berjenis korelasional. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa MI se-kecamatan Bandung Tulungagung dengan jumlah sampel yaitu 94 siswa. Teknik pengambilan data menggunakan angket dan dokumentasi berupa nilai legger siswa sedangkan analisis data yang digunakan yaitu regresi berganda dan regresi sederhana. Hasil penelitian: 1) Gaya belajar memberi pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar siswa di era new normal. 2) Minat belajar memberi pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar siswa di era new normal. 3) Kebiasaan belajar memberi pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar siswa di era new normal. 4) Lingkungan belajar memberi pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar siswa di era new normal. 5) Gaya belajar, minat belajar, kebiasaan belajar dan lingkungan belajar secara simultan memberi pengaruh terhadap prestasi belajar siswa di era new normal

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...