EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 3, No 6 (2021): December Pages 3500-5500

Analisis Kesulitan Implementasi Pembelajaran Tematik Pada Masa Pandemi Covid-19 di Sekolah Dasar

Irsan Irsan (Universitas Muhammadiyah Buton, Indonesia)
Andi Lely Nurmaya G (Universitas Muhammadiyah Buton, Indonesia)
Tri Yulan (Universitas Muhammadiyah Buton, Indonesia)



Article Info

Publish Date
27 Sep 2021

Abstract

Pada pelaksanaan kurikulum 2013 melalui pembelajaran tematik menekankan siswa berpartisipasi secara aktif dalam kegiatan pembelajaran sehingga diharapkan dapat memperoleh pengalaman langsung dan mengkonstruksi pengetahuannya sendiri sebagai suatu hasil yang dipelajarinya. Oleh karena hal tersebut, tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis menganalisis kesulitan implementasi pembelajaran tematik pada masa pandemic covid-19 sekolah dasar. Adapun metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengambilan subjek yaitu teknik purposive sampling. Adapun hasil penelitian diketahui pelaksanaan pembelajaran tematik secara daring terdapat kesulitan diantaranya guru masih belum menggunakan strategi yang sesuai serta mengalami kendala dalam menggunakan media/aplikasi dalam pembelajaran daring sehingga reaksi atau respon siswa kurang antusias/ kurang tertarik dengan materi yang disampaikan oleh guru, masih kurangnya ketersediaan sarana dan prasarana, guru tidak dapat langsung berkomunikasi dengan siswa sehingga siswa harus lebih memahami materi secara mandiri, banyak siswa saat pembelajaran daring akan dilaksanakan belum memiliki smartphone dan akses internet. Begitupula dengan evaluasi atau penilaian pembelajaran tematik dimana guru masih mengalami permasalahan dan kesulitan dalam menilai siswa yang diajar secara daring

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...