Pendidikan termasuk sektor yang tidak lepas dari wabah Covid-19. Sehingga segala bentuk aktifitas pembelajaran harus dilakukan dengan sistem pembelajaran daring (dalam jaringan). Pembelajaran daring ini menuntut orang tua untuk berperan lebih aktif terhadap segala aktifitas pembelajaran anak di rumah. Berdasarkan fakta tersebut penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan respon orang tua murid terhadap pembelajaran bahasa Arab di SD Khairunnas Surabaya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kualitatif. Sedangkan jenis penilitian yang digunakan yaitu studi kasus. Data diperoleh dengan wawancara mendalam terhadap 2 guru bahasa Arab dan 10 wali murid. Data dianalisis dengan model Miles & Hubarman yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini yaitu pembelajaran bahasa Arab secara daring dirasa kurang efektif. Wali murid berharap segera dilaksanakan pembelajaran tatap muka atau setidaknya pembelajaran dalam jaringan (daring) juga diimbangi dengan pembelajaran luar jaringan (luring). Kata Kunci: Zoom, Arabic learning, Covid-19 pandemic.
Copyrights © 2021