Jurnal Equation: Teori dan Penelitian Pendidikan Matematika
Vol 4, No 2 (2021)

ANALISIS HASIL BELAJAR MATEMATIKA DITINJAU DARI GAYA BELAJAR SISWA SMA PADA MATERI PROGRAM LINEAR

Desma Warti (STKIP PGRI SUMBAR)
Alfi Yunita (STKIP PGRI SUMBAR)
Hafizah Delyana (Stkip pgri sumbar)



Article Info

Publish Date
29 Sep 2021

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar matematika siswa. Perbedaan gaya belajar siswa sebagai bagian dari karakteristik individu yang menyebabkan perbedaan hasil belajar matematika setiap siswa perlu diperhatikan dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar matematika pada program linear ditinjau dari gaya belajar siswa kelas XI MIPA 3 SMA Negeri 2 Batang Anai. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA 3 SMA Negeri 2 Batang Anai. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data berupa angket gaya belajar, wawancara dan tes hasil belajar siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa berdasarkan ketiga gaya belajar yang dilihat maka hasil yang lebih baik terlihat pada kelompok visual yang memiliki rata-rata nilai siswa tertinggi.Kata Kunci : Hasil Belajar, Gaya Belajar

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

equation

Publisher

Subject

Education Mathematics Other

Description

Equation Journal is an open-access journal published by State Islamic University of Bengkulu (IAIN Bengkulu) twice in a year (March and September). This journal publishes original articles from literature studies or research results in the field of mathematics ...