Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika
Vol 3, No 5 (2021): Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika

Profil Kemampuan Problem Posing Pada Materi Aritmatika Sosial Ditinjau Dari Perbedaan Kemampuan Matematis

Nesa Bunga Puspitasari (Universitas PGRI Semarang)
Kartinah Kartinah (Universitas PGRI Semarang)
Aryo Andri Nugroho (Universitas PGRI Semarang)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2021

Abstract

Tujuan yang hendak dicapai pada penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan problem posing materi aritmatika sosial di tinjau dari perbedaan kemampuan matematis. Pada penelitian ini peneliti menggunakan uji kredibilitas untuk menguji keabsahan data. Dimana dalam uji kredibilitas tersebut menggunakan triangulasi. Triangulasi yang digunakan adalah triangulasi data, dimana dalam triangulasi ini peneliti mengguanakan metode yang sama dengan waktu yang berbeda. Uji kredibilitas data dilakukan dengan membandingkan data pada tahap pertama dan tahap kedua dan seterusnya dari hasil tes dan wawancara. Hasil yang dicapai peneliti bahwa anak dengan kemampuan matematis tinggi dapat secara kreatif dan inovatif dalam membuat soal serta menyelesaikan soal. Anak dengan kemampuan matematis sedang dapat membuat pertanyaan dan menyelesaikan soal dengan perbedaan bahwa anak kemampuan matematis tinggi dapat menyelesaikan soal dengan metode singkat dan anak berkemampuan sedang menyelesaikan soal berdasarkan konsep. Sedangkan, anak berkemampuan matematis rendah hanya dapat membuat soal secara sederhana dan mampu menyelesaikan tanpa ada modifikasi soal.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

imajiner

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika memiliki fokus utama pada pengembangan ilmu di ranah matematika dan pendidikan. Lingkup dari fokus utama tersebut meliputi pendidikan dan terapan. ...