Jurnal Wacana Ekonomi
Vol 20, No 3 (2021): Jurnal Wacana Ekonomi

Pengaruh Orang Tua terhadap Financial Attitude dan Financial Behavior serta Implikasinya pada Financial Decision Sebuah Aplikasi Structural Equation Modeling (SEM)

Irfan Rizki Gumilar (Universitas Garut)
Fitri Syakinah (Universitas Garut)



Article Info

Publish Date
23 Oct 2021

Abstract

Keterampilan bagaimana mengelola keuangan pribadi yang baik berpengaruh sangat besar terhadap kebebasan finansial. Mahasiswa harus mulai membentuk kebiasaan-kebiasaan bagaimana mengelola keuangan yang sehat agar kesejahteraan keuangannya terwujud. Penelitian ini dilaksanakan untuk menginvestigasi hubungan kausalitas antara peran orang tua, financial attitude, financial behavior, dan financial decision. Survei dilakukan secara daring pada 200 responden yang merupakan mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Garut. Data kemudian dianalisis menggunakan Structural equation modeling (SEM) dan bantuan alat analisis AMOS 21. Hasil dari penelitian ini menerangkan bahwa peran orang tua berpengaruh positif dan signifikan terhadap financial attitude; financial attitude berpengaruh positif dan signifikan pada financial behavior; serta financial behavior berpengaruh positif dan signifikan pada financial decision. Namun, peran orang tua pengaruhnya kecil terhadap financial behavior dari mahasiswa. Penelitian ini memberikan wawasan berguna terkait struktur hubungan antara peran orang tua, financial attitude, financial behavior, dan financial decision pada mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Garut.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JA

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Wacana Ekonomi mengupas dan mendesiminasikan informasi ilmiah/ pengetahuan yang berkaitan dengan ilmu ekonomi sebagai ilmu yang mempelajari perilaku manusia dalam memilih dan menciptakan kemakmuran. Jurnal Wacana Ekonomi merupakan media komunikasi ilmiah dalam pengembangan dan penyebarluasan ...