EduChild: Majalah Ilmiah Pendidikan
Vol 2, No 2 (2018): EDUCHILD: MAJALAH ILMIAH PENDIDIKAN

PENGARUH METODE BERMAIN TABUNG BERPUTAR TERHADAP KEMAMPUAN MATEMATIKA PERMULAAN AUD (ANAK USIA DINI) PADA SISWA KELOMPOK A TK INSAN KAMIL KECAMATAN CILENGKRANG KABUPATEN BANDUNG TAHUN AJARAN 2018-2019

Entin Kartini (Universitas Islam Nusantara)
Agus Mulyanto (Universitas Islam Nusantara)



Article Info

Publish Date
02 Oct 2021

Abstract

Kemampuan matematika permulaan merupakan salah satu kemampuan yang harus dikembangkan pada anak usia dini. Pembelajaran matematika untuk anak usia dini sangat penting untuk dikembangkan sejak dini agar anak dapat belajar dan berfikir secara logis dan matematis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari metode bermain tabung berputar terhadap kemampuan matematika permulaan AUD pada siswa kelompok A TK Insan Kamil Kecamatan Cilengkrang Kabupaten Bandung tahun ajaran 2018-2019. Metode bermain merupakan salah satu metode yang dapat digunakan dalam pembelajaran anak usia dini, dalam penelitian ini metode yang digunakan yaitu metode bermain tabung berputar. Metode penelitian yang digunakan adalah pre-eksperimental dengan design One group pretest-posttest design. Dalam penelitian ini terdapat dua variabel yaitu variabel terikat yaitu kemampuan matematika permulaan AUD dan variabel bebas yaitu penggunaan metode bermain tabung berputar. Populasi penelitian yaitu siswa kelompok A TK Insan Kamil. Jumlah seluruhnya 25 siswa 10 siswa laki-laki 15 siswa perempuan. Pengumpulan data yaitu dengan observasi dan tes. Berdasarkan hasil penelitian dengan metode bermain tabung berputar berpengaruh terhadap kemampuan matematika permulaan AUD. Berdasarkan hasil uji hipotesis diketahui bahwa N = 25 dengan mengunakan taraf signifikasi 5% = 1,8892296 setelah dicari perbedaan skor rata-rata pre-test dan post-test menggunakan analisis statistik yaitu uji-t diperoleh hasil pre-test dan post-test kemampuan matematika permulaan AUD (1,8892296 1,71088 ). Selain itu, juga dapat dilihat dari rata-rata post-test kemampuan matematika permulaan didapat hasil prosentase sebesarĀ  anak Berkembang Sesuai Harapan (BSH) meningkat dari 12% menjadi 22% dan kemampuan anak yang berkembang sangat baik mengalami peningkatan dari 34% menjadi 53%. Maka dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa metode bermain tabung beputar berpengaruh terhadap kemampuan matematika permulaan AUD pada siswa kelompok A TK Insan Kamil tahun ajaran 2018-2019.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

EDUCHILD

Publisher

Subject

Education

Description

Majalah Ilmiah Pendidikan EduChild Dini menerbitkan artikel penelitian, melaporkan studi lapangan, praktik terbaik dan kebijakan pembelajaran anak usia dini dan pendidikan sejenis di tingkat nasional dan internasional. Jurnal ini menerbitkan artikel peer-review yang meliputi kurikulum, program ...