Jurnal Vokasi
Vol 5, No 2 (2021): Jurnal Vokasi

PENINGKATAN KETRAMPILAN PENGGUNAAN TEKNOLOGI INFORMASI PADA SISTEM PEMBELAJARAN DARING BAGI GURU SMK NEGERI 5 LHOKSEUMAWE

Muhammad Nasir (Jurusan Teknologi Informasi dan Komputer, Politeknik Negeri Lhokseumawe)
Aswandi Aswandi (Jurusan Teknologi Informasi dan Komputer Politeknik Negeri Lhokseumawe)
Fachri Yanuar (Jurusan Teknologi Informasi dan Komputer Politeknik Negeri Lhokseumawe)
Guntur Syahputra (Jurusan Teknologi Informasi dan Komputer Politeknik Negeri Lhokseumawe)



Article Info

Publish Date
10 Oct 2021

Abstract

Kemampuan dalam pengetahuan media pembelajaran menjadikan rendahnya produktivitas pendidik dalam mengembangkan materi ajar ke dalam media pembelajaran yang interaktif dan inovatif. Saat ini, wabah coronavirus (COVID-19) yang belum dapat ditangani secara menyeluruh dan dengan dibatasinya pertemuan secara tatap muka/luring tentunya sangat membutuhkan perhatian khusus yang kemungkinan ancaman secara global. Hal ini pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan berinisiatif membuat kebijakan darurat agar pembelajaran disekolah-sekolah melakukan pembelajaran secara bertahap atau secara shift dan memutuskan untuk Study From Home (SFH) atau belajar secara daring. Namun, dari kebijakan pemerintah ini membuat dunia pendidikan panik terutama di Sekolah SMK Negeri 5 Lhokseumawe, karena tidak/belum siap melakukan kegiatan belajar mengajar secara daring. Tujuan kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PKM) yang ingin dicapai untuk memberikan pengetahuan, meningkatkan pemanfaatan teknologi dalam kegiatan belajar mengajar secara daring kepada pendidik akibat dari adanya pandemik COVID-19 yang belum tuntas, dapat mempermudah proses pembelajaran dan memberikan materi media pembelajaran. Kegiatan ini diikuti oleh 15 orang guru (pendidik) bidang studi yang ditugaskan oleh Ketua Kurikulum SMK Negeri 5 Lhokseumawe. Hasil yang akan direncanakan dalam pelatihan ini adanya peningkatan pemahaman Teknologi Informasi Pada Sistem Pembelajaran Secara Daring. Hasil pengembangan media pembelajaran interaktif secara daring berdasarkan uji signifikansi perbedaan rata-rata nilai pretest (x) dan posttest (y) yang menyatakan bahwa setelah dilakukan pelatihan kemampuan guru-guru sudah terjadi peningkatan secara signifikan dari kemampuan awal sebelum sampai kepada kemampuan akhir peserta pelatihan sebesar 58.00%.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

vokasi

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Engineering Social Sciences

Description

Jurnal Vokasi mempublikasikan artikel ilmiah dari hasil Penerapan IPTEKS dan Pengabdian Kepada Masyarakat dengan scope pengabdian bidang teknik dan sosial. ...