Jurnal Vokasi
Vol 5, No 2 (2021): Jurnal Vokasi

ANALISIS KESIAPAN PENDIDIKAN VOKASI DALAM MENYONGSONG PEMBELAJARAN TATAP MUKA DI MASA PANDEMI COVID 19 (Studi Kasus di LP3I Malang)

Choirul Anam (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Oct 2021

Abstract

Pendidikan vokasi bertujuan menyiapkan peserta didik untuk dapat bekerja setelah lulus. Mereka tidak hanya dibekali dengan pengetahuan teoritis tetapi juga keterampilan praktis. Namun pelaksanaan pendidikan vokasi ini terkendala dengan adanya pandemi Covid-19. Sejak pandemi merebak awal Maret tahun 2020, pelaksanaan pembelajaran di berbagai jenjang pendidikan dilaksanakan secara daring. Salah satu permasalahan pelik pembelajaran daring adalah sulitnya mencapai kompetensi keterampilan pada peserta didik pendidikan vokasi yang harus dilakukan melalui proses praktik. Permasalahan ini memicu lembaga pendidikan vokasi untuk bekerja keras dalam mempertahankan standar capaian lulusan mereka. Bagaiamanapun pandemi tidak akan berlangsung selamanya, lembaga pendidikan vokasi harus tetap berinovasi dalam menyiapkan pembelajaran tatap muka yang akan segera berlangsung setelah proses vaksinasi mencapai 70%. Berdasarkan permasalahan tersebut artikel ini berusah melakukan analisis tentang kesiapan pendidikan vokasi dalam menyongsong pembelajaran tatap muka di masa pandemi.   Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif  deskriptif dengan teknik analisis data yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa lembaga pendidikan vokasi dalam hal ini LP3I mampu melaksanakan pendidikan tatap muka di masa pandemi dengan tetap berkoordinasi dengan seluruh stakeholder dan mempertimbangkan kondisi serta mempersiapkan sarana dan prasarana yang dibutuhkan.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

vokasi

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Engineering Social Sciences

Description

Jurnal Vokasi mempublikasikan artikel ilmiah dari hasil Penerapan IPTEKS dan Pengabdian Kepada Masyarakat dengan scope pengabdian bidang teknik dan sosial. ...