Prosiding National Conference for Community Service Project
Vol 3 No 1 (2021): The 3rd National Conference of Community Service Project 2021

Strategi Promosi Digital Pada Umkm Golden Grill Belakang Padang

Kennardi Tanujaya (Universitas Internasional Batam)
Christine Gabriella (Universitas Internasional Batam)
Renaldy Al Faris Pratama (Universitas Internasional Batam)
Yollanda Alya Safitri (Universitas Internasional Batam)
Winny Winny (Universitas Internasional Batam)
Shelvia Agustini Putri (Universitas Internasional Batam)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2021

Abstract

Indonesia kini sedang Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) dikarenakan penaikan kasus Covid-19 di dalam negeri. Oleh karena itu, banyak UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) yang mengalami penurunan penjualan dan susah untuk mengembangkan usaha mereka. Salah satu UMKM yaitu Golden Grill di Belakang Padang. Golden Grill mengalami penurunan pendapatan dimana mitra terpaksa tutup selama 2 bulan. Golden Grill juga mempunyai masalah dalam bidang promosi digital terutama pada Instagram yang mengakibatkan Golden Grill kurang dikenal oleh banyak orang. Kemudian yang menjadi perhatian yaitu Golden Grill juga belum memiliki logo tersendiri. Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk membantu UMKM Golden Grill dalam mempersiapkan konten promosi digital pada akun Instagram Golden Grill agar UMKM mampu mengerti teknik promosi pada sosial media terutama Instagram dan membantu UMKM dalam memperluaskan penjualan serta meningkatkan pendapatan Golden Grill. Metodologi pelaksanaan yang digunakan pada kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah dengan teknik observasi secara langsung ke lokasi dan menelusuri lebih dalam mengenai keadaan UMKM. Kemudian juga menggunakan teknik wawancara daring maupun langsung bersama pemilik UMKM. Hasil dari kegiatan pengabdian masyarakat ini yaitu Golden Grill mendapatkan bantuan dalam bentuk perancangan feeds, story dan logo serta banner yang diusulkan UMKM. Diharapkan UMKM Golden Grill dapat mempergunakan feeds, story dan logo serta banner yang diberikan semaksimal mungkin sehingga dapat meningkatkan pendapatan, peningkatan followers dan likes, serta memperluas jangkauan penjualan. Adapun beberapa cara lain untuk membantu UMKM dalam masa pandemi selain promosi pada media sosial Instagram, yaitu promosi dengan memanfaatkan influencer dimana UMKM akan dikenal orang banyak pada Instagram, Tiktok dan media sosial lainnya.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

nacospro

Publisher

Subject

Humanities Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Computer Science & IT Economics, Econometrics & Finance Education

Description

Prosiding National Conference for Community Service Project (NaCosPro) merupakan wadah bagi para akademisi maupun masyarakat umum dalam mendesiminasikan artikel ilmiah hasil-hasil kegiatan pengabdian kepada masyarakat di berbagai bidang pengabdian, terutama kegiatan pengabdian masyarakat yang ...