Menurut peraturan walikota Kediri nomor 50 tahun 2016 BAB II tentang kedudukan dan susunan organisasi, Dinas Sosial merupakan unsur pelaksana urusan pemerintahan dibidang sosial. Dinas Sosial dipimpin oleh seorang Kepala Dinas yang berada dibawah dan bertanggungjawab kepada Walikota melalui Sekretaris Daerah. Sebagai petugas pelaksana penyaluran bantuan sosial, diperlukan adanya monitoring dan evaluasi penyaluran dana bantuan agar bantuan yang tersalurkan tepat sasaran dan mutu penyerapan anggaran menjadi optimal. Proses monitoring dilakukan oleh masyarakat sebagai penerima sekaligus pengawas. Lalu nantinya evaluasi dilakukan oleh petugas dari dinas Sosial selaku penyalur dana bantuan, apakah dana bantuan sudah tepat sasaran atau belum.Oleh karena itu, penelitian ini akan merancang dan membangun aplikasi monitoring dan evaluasi penyaluran dana sosial di Dinas Sosial Kota Kediri berbasis Web. System ini berbentuk aduan masyarakat terkait data penerima bantuan Dinas Sosial yang menggunakan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS). Melalui aplikasi ini, masyarakat dapat melakukan pengaduan terkait data yang sudah ada di DTKS maupun data yang belum ada di DTKS yang nantinya aduan tersebut akan ditindaklanjuti oleh petugas. Diharapkan dengan adanya system ini, nantinya masyarakat akan lebih mudah untuk melakukan pengaduan ke Dinas Sosial Kota Kediri.
Copyrights © 2021