Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD)
Vol. 9 No. 2 (2021): September 2021

Gerakan Literasi Sekolah Selama Belajar Dari Rumah Bagi Siswa Sekolah Dasar

Dyah Worowirastri Ekowati (Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Muhammadiyah Malang, East Java)
Erna Yayuk (Unknown)
Sri Wahyuni (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Sep 2021

Abstract

Keterampilan literasi sangat berpengaruh terhadap pencapaian keberhasilan belajar siswa.  Semakin baik kemampuan literasinya, semakin baik pula pencapaian hasil belajarnya. Semakin dini siswa berliterasi, maka semakin kuat pencapaian hasil belajarnya. Gerakan literasi dapat dilakukan dengan baik saat pembelajaran dilakukan dengan tatap muka, terutama bagi siswa Sekolah Dasar (SD). Namun situasi pembelajaran tatap muka masih belum memungkinkan untuk dilaksanakan. Sebagaimana kebijakan pada Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020 Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran Coronavirus Disease (Covid-19) yang memuat arahan tentang proses belajar dari rumah. Hal inilah yang menjadi salah satu dasar perlunya pengkajian lebih mendalam terkait gerakan literasi sekolah selama belajar dari rumah bagi siswa SD. Oleh karenanya, penulisan artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan gerakan literasi sekolah selama belajar dari rumah bagi siswa SD. Penelitian dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Instrumen yang digunakan yaitu observasi, wawancara serta studi dokumentasi. Subyek penelitian yaitu 1 Kepala Sekolah, 3 Guru SD dan 2 orang tua wali siswa yang berasal dari SD Negeri Mojorejo 1 Kota Batu Indonesia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gerakan literasi saat BDR dilaksanakan secara virtual. Saat melakukan pembelajaran daring secara sinkronous, Guru menyediakan waktu dan bahan bacaan selama 10 menit untuk gerakan literasi. Namun saat asinkronous, siswa diberi tugas untuk membaca beberapa jenis buku yang sudah ditentukan oleh Guru. Gerakan literasi selama BDR bagi siswa SD ini memerlukan kerjasama yang baik antara sekolah, Guru dan wali siswa.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jp2sd

Publisher

Subject

Education

Description

JP2SD (Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Sekolah Dasar) is a journal of Elementary School Teacher Education Department, Faculty of Teacher Training and Education, University of Muhammadiyah Malang. The scope of its journal is an elementary school, education, innovation of learning, learning methods ...