Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD)
Vol. 9 No. 1 (2021): April 2021

Guru Profesional: Pola Transformasi Implementasi Pembelajaran Online di Sekolah Dasar

Kuncahyono (Universitas Muhammadiyah Malang)
Dian Fitri Nur Aini (Universitas Muhammadiyah Malang)



Article Info

Publish Date
28 Apr 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan temuan-temuan pola strategi dalam implementasi pembelajaran daring di Sekolah Dasar selama pandemi covid-19. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode survei yang dilakukan secara online menggunakan Microsoft form. Subjek penelitian terdiri atas 36 guru sekolah dasar yang tersebar di lima Kecamatan Kota Malang. Teknik pengumpulan data menggunakan survei online. Hasil penelitian menujukkan bahwa guru-guru melaksanakan pembelajaran daring selama pandemi covid-19 secara variatif meliputi transformasi strategi, model, dan variasi platform aplikasi baik ketika pembelajaran berlangsung maupun proses evaluasi. Transformasi strategi dan model yang digunakan sebanyak 88% menggunakan model berbasis synchronous dan 10 % menggunakan asynchronous dengan memanfaatkan ragam platform. Adapun ragam transformasi platform synchronous yang digunakan meliputi google meet 80%, zoom meeting 15%, dan Microsoft team sebanyak 5%. Selanjutnya ragam platform asynchronous yang digunakan yaitu 88% menggunakan WhatsApps, 11 % menggunakan google classroom, dan 1 % menggunakan platform LMS (learning management system). Temuan lain dalam proses evaluasi menunjukkan bahwa 72% guru menggunakan google form, 21% menggunakan kahoot, 5 % menggunakan platform live worksheet, dan 2 % melalui proses konvensional.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jp2sd

Publisher

Subject

Education

Description

JP2SD (Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Sekolah Dasar) is a journal of Elementary School Teacher Education Department, Faculty of Teacher Training and Education, University of Muhammadiyah Malang. The scope of its journal is an elementary school, education, innovation of learning, learning methods ...