Jurnal Ilmiah Rekayasa Pertanian dan Biosistem
Vol 9 No 2 (2021): Jurnal Ilmiah Rekayasa Pertanian dan Biosistem

SINTESIS ZEOLIT DARI EKSTRAK SEKAM PADI DAN KALENG BEKAS SEBAGAI ADSORBEN PENURUNAN KESADAHAN AIR

Herawati Oktavianty (Program Studi Teknologi Hasil Pertanian, Institut Pertanian STIPER Yogyakarta)
Sunardi Sunardi (Program Studi Teknologi Hasil Pertanian, Institut Pertanian STIPER Yogyakarta)
Rejang Musi Agastya Arianda Saputra Wardani (Program Studi Teknologi Hasil Pertanian, Institut Pertanian STIPER Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
28 Sep 2021

Abstract

Sekam padi dan kaleng bekas merupakan limbah yang banyak ditemui dan belum dimaksimalkan pemanfaatannya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memanfaatkan limbah sekam padi dan kaleng bekas menjadi zeolit sebagai adsorben penurunan kesadahan air (ion logam Ca2+ dan Mg2+). Penelitian ini menggunakan rancangan blok lengkap dengan dua faktor, yaitu faktor massa kaleng bekas (1 gr; 2 gr; 3 gr) dan faktor massa ekstrak sekam padi (60 gr; 80 gr; 100 gr). Percobaan ini terdiri atas dua tahap, yaitu pembuatan zeolit dan penggunaan zeolit untuk penurunan kesadahan air. Analisis XRD dilakukan untuk zeolit dan analisis AAS untuk kesadahan air. Dari hasil percobaan didapatkan penyerapan ion logam Ca2+ dan Mg2+ optimal pada kondisi zeolit dengan komposisi massa kaleng bekas 2 gr dan massa ekstrak sekam padi 80 gr, yaitu sebesar 94,48% dan 89,26%.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JRPB

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry

Description

Terhitung sejak tahun 2014, Program Studi Teknik Pertanian Fakultas Teknolgi Pangan dan Agroindustri Universitas Mataram telah menerbitkan secara online Jurnal Ilmiah Rekayasa Pertanian dan Biosistem (JRPB) sehingga dapat diakses secara luas. Jurnal ini pada umumnya memuat hasil-hasil penelitian ...