ELIPS: Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 2 No 2 (2021): ELIPS, September 2021

EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN LAPS-HEURISTIK TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 4 SUNGGUMINASA

Ardani Samad (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2021

Abstract

Dalam Penelitian ini menggunakan metode eksperimen yang memiliki tujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran LAPS-Heuristik pada siswa kelas VIII Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 4 Sungguminasa dengan mengacuh pada 3 kriteria efektivitas pembelajaran, adalah (1) pemecahan masalah matematis siswa, (2) aktivitas siswa, (3) respon siswa. Sampel dipilih secara acak dari populasi sebanyak satu kelas dari sebelas kelas VIII Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 4 Sungguminasa tahun ajaran 2019/2020 semester ganjil. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, tes pemecahan masalah (pretest dan posttest), lembar observasi aktivitas siswa, dan angket respon siswa. Hasil analisis statistika deskriptif menunjukkan: rata-rata keterlaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran LAPS-Heuristik sebesar 3,85 (terlaksana dengan baik), (2) rata-rata hasil kemampuan awal siswa (pretest) yaitu 16,89 berada pada kategori kategori sangat rendah. Rata-rata kemampuan pemecahan masalah (posttest) yaitu 82,21 berada pada kategori tinggi, (3) rata-rata gain ternormalisasi sebesar 0,78 (kategori tinggi), (4) rata-rata persentase aktivitas siswa sebesar 86%, (6) rata-rata persentase siswa yang memberi respon positif terhadap pelaksanaan pembelajaran sebesar 86%. Hasil analisis secara statistika inferensial menunjukkan: (1) nilai rata rata siswa yang diajar menggunakan model LAPS-Heuristik lebih besar dari 75 hal tersebut ditunjukkan dari ???????????????????????? = 0,000 maka ???????????????????????? < 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa ????0 ditolak, (2) nilai rata rata gain ternormalisasi lebih besar dari 0,3 (kategori sedang) hal ini ditunjukkan dari ???????????????????????? = 0,000 maka ???????????????????????? < 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa ????0 ditolak, untuk ketuntasan klasikal ????ℎ???????????????????? = 0,68 dan ???????????????????????? = 1,96 maka ????ℎ???????????????????? ≤ ???????????????????????? maka dapat disimpulkan bahwa ????0 diterima. Berdasarkan hasil analisis dan inferensial maka disimpulkan bahwa model pembelajaran LAPS-heuristik efektif digunakan dalam pembelajaran matematika pokok bahasan persamaan linear dua variabel.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

ELIPS

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Elips: Jurnal Pendidikan Matematika menerbitkan hasil penelitian yang original, dan atau naskah kajian teoritis dalam bidang matematika dan pendidikan matematika, tentang masalah terkini, yang dilakukan oleh: (1) Pengajar di tingkat Sekolah Dasar dan Menengah, serta Perguruan Tinggi, (2) Pengamat ...