Perusahaan asuransi kesehatan harus memberikan pelayan yang berkualitas kepada para peserta asuransi. Kualitas pelayanan dapat dilihat berdasarkan pelaksanaan tugas dan fungsi masing-masing pegawai apakah sudah berjalan dengan baik dan sesuai dengan prosedur yang berlaku. JPPK (Jasa Pelayanan dan Perawatan Kesehatan) merupakan salah satu unit asuransi di Rumah Sakit Kota Bandung yang menyediakan pelayanan asuransi kesehatan bagi karyawan-karyawan perusahaan yang bekerja sama dengannya. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk dapat menganalisis pelaksanaan tugas dan fungsi pegawai unit asuransi JPPK. Pengukuran pelaksanaan tugas dan fungsi menggunakan konsep model SERQUAL (Service Quality) dengan dimensi tangible, reliability, responsiveness, dan assurance sebagai alat ukur. Penelitian dilaksanakan menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan metode wawancara, observasi dan kepustakaan. Wawancara bersumber langsung dari narasumber atau informan yaitu kepala bidang unit JPPK. Observasi dilakukan menggunakan alat bantu buku pedoman pelaksanaan unit JPPK untuk memperkuat informasi yang telah diperoleh dari hasil wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan tugas dan fungsi pegawai unit JPPK telah berjalan dengan baik dan sesuai prosedur yang berlaku. Hasil tersebut dibuktikan dengan terpenuhinya pengukuran dimensi tangible, reliability, responsiveness, dan assurance pada kinerja para pegawai unit asuransi JPPK.
Copyrights © 2021