Ajang kecantikan saat ini memiliki eksistensi yang cukup besar di tengah masyarakat Indonesia. Banyaknya ajang pemilihan Putri Indonesia, Duta Budaya, hingga Duta Wisata di tingkat nasional dan daerah membuat indikator pengukuran kompetensi dan faktor yang memengaruhi kontestan dalam melaksanakan tugasnya menjadi penting. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh karakteristik individu, kompetensi duta wisata, dan faktor eksternal pada duta wisata terhadap performanya dalam melaksanakan promosi Agrowisata Sawah Solok. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang didukung dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini merupakan explanatory research dengan jumlah responden sebanyak 30 orang yang menggunakan uji regresi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa faktor yang memengaruhi duta wisata dalam promosi Agrowisata Sawah Solok adalah angkatan, kemampuan komunikasi, dukungan komunitas, dan dukungan pemerintah. Kata kunci: Agrowisata Sawah Solok, Duta wisata, Promosi wisata
Copyrights © 2021