Penelitian ini menjelaskan mengenai kontribusi dan andil kepala sekolah di lembaga pendidikan dalam mencapai cita-cita kepemimpinannya untuk menghasilkan pendidikan yang berasosiasi dan berdasarkan nilai-nilai kemanusian. Salah satu tempat yang memiliki fungsi untuk menyelenggarakan proses pendidikan yang sistematis dan terstruktur adalah sekolah. LuaranĀ yang diharapkan dalam sebuah sistem pendidikan humanis adalah terbentuknya insan yang beriman dan bertaqwa pada Tuhan yang Maha Esa. Globalisasi mengakibatkan adanya asimilasi dan akulturasi budaya yang dapat melahirkan budaya baru. Hal itu mengakibatkan kekhawatiran dalam lunturnya nilai, norma, dan budaya lokal terutama pada peserta didik di sekolah. Karena itu kepala sekolah perlu hadir di tengah-tengah arus itu untuk membantu peserta didik dan mewujudkan pendidikan yang humanis. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, sehingga dalam melakukan analisis data dengan fokus pada analisis literatur. Dengan demikian, kontribusi kepemimpinan kepala sekolah menjadi penting dan memiliki andil yang sangat besar demi terwujudnya implementasi pendidikan yang mengedepankan nilai-nilai kemanusiaan.
Copyrights © 2021