Dua hal esensial dalam sistem manajemen ABS yaitu pengawasan dan pengendalian proses ABS sebagai proses dalam mewujudkan efesiensi biaya pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pengawasan Anggaran Belanja Sekolah (ABS) oleh komite sekolah dan pengendallian ABS oleh Kepala Sekolah terhadap efesiensi biaya pendidikan. Metode penelitian yang digunakan metode kuantitatif deskriptif analitis dengan alat pengambilan data menggunakan angket. Populasi penelitian ini adalah Madrasah Aliyah (MA) di KKM MAN Pangandaran. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampling proporsional, Uji keabsahan dilakukan dengan pengujian korelasi, pengujian determinasi dan pengujian regresi. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Pengawasan ABS yang dilakukan komite sekolah dapat meningkatkan efesiensi biaya pendidikan, peningkatan variabel tersebut dikategorikan tinggi dengan mencapai angka tingkat ketercapaian efektivitas 76,39%. 2).Pengendalian ABS oleh kepala sekolah dapat meningkatkan efesiensi biaya pendidikan. Peningkatan variabel tersebut dikategorikan tinggi, dengan mencapai angka tinggi ketercapaian efektivitas 79,75%. 3)Pengawasan dan pengendalian ABS dapat meningkatkan efesiensi biaya pendidikan, yang dikategorikan tinggi dengan mencapai angka tingkat ketercapaian efektivitas 89,69%. Dengan demikian efesiensi biaya pendidikan memiliki ketergantungan dari pengandalian dan pengawasan ABS yang bergantung pada nilai variabel independennya
Copyrights © 2021