Akrab Juara : Jurnal Ilmu-ilmu Sosial
Vol 6 No 4 (2021): November

REPRESENTASI NASIONALISME DALAM KONTEN INSTAGRAM MISS SUPRANATIONAL INDONESIA 2021 (Jihane Almira Chedid Versus Andre Sleigh)

Robbikal Muntaha Meliala (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Nov 2021

Abstract

Miss Supranational Indonesia 2021 yaitu Jihane Almira Chedid menyuarakan rasa nasionalisme melalui akun media sosial instagram miliknya, pasca kejadian Director Miss Supranational Organization memberikan umpatan tidak etis kepada Indonesian Pageant Lovers pada siaran langsung instagram milik Miss Supranational 2019 yaitu Antonnia Porsild. Warga net dan masyarakat Indonesia sangat menyayangkan perilaku dari Andre Sleigh yang mengandung rasisme dan kata kasar. Oleh karena itu penulis tertarik untuk mengetahui bagaimana representasi nasionalisme itu dalam konten instagram Miss Supranational Indonesia 2021. Metode penelitian dilakukan penulis dengan berpendekatan kualitatif, dengan menganalisis data melalui semiotika model Roland Bhartes. Hasil penelitian menunjukkan makna denotasi mengungkapkan nasionalisme sebagai kesadaran akan cinta tanah air dan rasa semangat membela negara ketika kita mengalami sesuatu yang kurang mengenakkan untuk Indonesia. Makna konotasi ditunjukkan Jihane dengan mengadopsi semangat bela negara dengan cara millennial, modern dan tetap mudah menerima globalisasi. Mitos ditunjukkan dengan menjaga esensi dan semangat Pancasila sebagai dasar negara Indonesia.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

akrabjuara

Publisher

Subject

Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Chemistry Medicine & Pharmacology

Description

URNAL AKRAB JUARA adalah sebuah jurnal pendidikan dan pengetahuan yang berkaitan dengan ilmu-ilmu sosial untuk para pendidik dan pendidikan yang ingin menungkan hasil karya ilmiahnya dengan nuangsa teknologi pembelajaran serta pengajaran dalam bidang masing-masing ...