Filum arthropoda merupakan bagian filum terbesar di dalam kingdom animalia. Mereka hidup dipermukaan atau didalam tanah, di air, serta ada yang hidup parasit didalam tubuh hewan atau tumbuhan. Kelas insecta atau yang disebut serangga merupakan serangga yang memiliki enam kaki yang melekat di bagian dada sehingga disebut heksapoda. Umumnya media pembelajaran saat ini masih di dominasi oleh buku yang berisi tulisan dan gambar saja. Penggunaan gambar 2D yang tersedia dalam buku teks terkesan kurang menarik dan terkadang gambarnya buram atau kurang jelas untuk dipahami oleh siswa. Kendala lain yang sering dihadapi saat melakukan praktek pengenalan hewan insecta yaitu sulit menemukan serangga yang akan dicontohkan sebagai bahan praktek. Oleh karena itu perlu dirancang sebuah aplikasi materi filum arthropoda dalam kelas insecta augmented reality sebagai salah satu alternatif media pembelajaran untuk mengenalkan hewan insecta dengan tampilan objek 3D sehingga mampu membuat siswa tertarik. Dengan menerapkan metode pengembangan program ini adalah metode waterfall, karena pada tahapan yang digunakan pada metode tersebut harus menyelesaikan tahapan awal terlebih dahulu sebelum dilanjutkan ke tahapan berikutnya karena untuk mengantisipasi terjadinya pengulangan tahapan. Penelitian ini menghasilkan aplikasi android filum arthropoda dalam kelas insecta dengan augmented reality mampu membantu dan memudahkan guru ataupun siswa dalam kegiatan praktek pengenalan hewan insecta dengan tampilan objek TreeD (3D). Kata Kunci: Biologi, filum arthropoda, kelas insecta, augmented reality.
Copyrights © 2020