Coding Jurnal Komputer dan Aplikasi
Vol 8, No 2 (2020): Coding : Jurnal Komputer dan Aplikasi

EVALUASI KEPUASAN PENGGUNA SIAKAD UNIVERSITAS TANJUNGPURA MENGGUNAKAN INTEGRASI TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL (TAM) DAN END-USER COMPUTING SATISFACTION (EUCS)

Masitah, Khairun Nisa Masitah Nisa (Unknown)
Ilhamsyah, Ilhamsyah (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Jul 2020

Abstract

Perkembangan kebutuhan teknologi menuntut perguruan tinggi untuk senantiasa mengembangkan layanan akademik yang dapat tersedia secara digital. Universitas Tanjungpura menggunakan SIAKAD untuk memenuhi kebutuhan informasi akademik. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kepuasan pengguna SIAKAD Universitas Tanjungpura menggunakan integrasi TAM dan EUCS. Subjek penelitian yang digunakan adalah mahasiswa, dosen, dan operator akademik yang diperoleh responden sebanyak 318 dari metode random sampling di Universitas Tanjungpura. Pengujian yang dilakukan menggunakan perhitungan analisis PLS-SEM. Penelitian ini mengukur tingkat kepuasan pengguna melalui 8 kriteria hasil integrasi TAM dan EUCS yaitu kemanfaatan, kemudahan penggunaan, akurasi, kemudahan, dan ketepatan waktu, isi, format dan sikap. Dilakukan pengukuran menggunakan PLS-SEM dengan 2 metode yaitu model pengukuran dan model struktural. Hasil hipotesis yang diterima atau mempengaruhi kepuasan pengguna adalah content, format dan attitude, masing-masing nilai tersebut adalah 2,736, 6,339 ,dan 5,240. Pada model struktural menghasilkan path coefficients yang bernilai besar yaitu content, format, dan attitude, masing-masing nilai tersebut adalah 0,217, 0,484, dan 0,372, semakin tinggi nilai t-statistik maka nilai path coefficients akan bernilai besar.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jcskommipa

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

Coding adalah Jurnal ilmiah elektronik yang mempublikasikan hasil-hasil penelitian di bidang komputer dan sistem informasi. Jurnal Coding memiliki karakteristik khas karena memadukan berbagai cabang dalam bidang Ilmu Komputer, sehingga memiliki artikel yang komprehensif. Jurnal Coding terbit 3 nomor ...