INSPIRATIF JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA
Vol 3, No 1 (2017): Inspiratif : Jurnal Pendidikan Matematika

PERBEDAAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIK SISWA YANG MEMPEROLEH PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION DAN TEAMS GAMES TOURNAMENT BERBANTUAN GEOGEBRA DI KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH 3 MEDAN

Nurhakiki . . (Universitas Negeri Medan)
Katrina . Samosir (Universitas Negeri medan)



Article Info

Publish Date
09 Apr 2017

Abstract

ABSTRAK Penelitian yang dilakukan di SMP Muhammadiyah 3 Medan ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan penalaran matematik siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division berbantuan GeoGebra dan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament berbantuan GeoGebra di kelas. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 3 Medan yang terdiri dari 7 kelas. Sedangkan yang menjadi sampel dalam penelitian ini ada dua kelas, yaitu kelas VII-B yang berjumlah 27 orang yang memperoleh pembelajaran koooperatif tipe STAD sebagai kelas eksperimen I dan kelas VII-A yang berjumlah 24 orang yang memperoleh pembelajaran koooperatif tipe TGT sebagai kelas eksperimen II. Penentuan sampel dilakukan secara acak. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes berbentuk uraian sebanyak 5 soal yang telah dinyatakan valid. Berdasarkan hasil penelitian dan pengujian hipotesis dapat disimpulkan bahwa kemampuan penalaran matematik siswa yang memperoleh pembelajaran koooperatif tipe STAD berbantuan GeoGebra lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh pembelajaran koooperatif tipe TGT berbantuan GeoGebra pada materi jajargenjang dan belah ketupat, dengan  dan   pada taraf nyata α = 0,05 dan dk = 49. Karena  yaitu maka dapat disimpulkan bahwa  diterima yang berarti kemampuan penalaran matematik siswa yang memperoleh pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan GeoGebra  lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh pembelajaran kooperatif tipe TGT berbantuan GeoGebra pada materi jajargenjang dan belah ketupat. Rata-rata nilai postes kelas eksperimen I lebih tinggi daripada rata-rata nilai postes kelas eksperimen II yaitu 75,67 dengan standar deviasi  dan  dengan standar deviasi . Kata Kunci : Kemampuan Penalaran Matematik, Student Team Achievement Division, Teams Games Tournament, GeoGebra ABSRACTThis study is conducted in SMP Muhammadiyah 3 Medan aims to know the difference of a mathematic reasoning ability by using cooperative learning model types Student Team Achievement Division and GeoGebra and cooperative learning model types Teams Games Tournament and GeoGebra in grade VII. The population of this study is all students grade VII SMP Muhammadiyah 3 Medan consistings of 7 classes. While the sample of this study is two classes namely grade VII-B consistings of 27 students whom got cooperative learning typed STAD as an experimental class I and grade VII-A consistings of 24 students whom got cooperative learning typed TGT as an experimental class II. The determination of the sample is randomly conducted. The instrument used in this study is essay test as many as 5 tests which are claimed valid. Based on the result of the study and testing the hypothesis can be concluded that students’ mathematic reasoning ability which get cooperative learning typed STAD and GeoGebra are higher than students who get cooperative learning typed TGT and GeoGebra at array and belah ketupat, tcount = 3,15 and ttable = 1,68 taraf nyata α = 0,05 dan dk = 49. Because  yaitu, thus can be concluded that  is accepted, means students’ mathematic reasoning ability who get cooperative learning model typed STAD and GeoGebra are higher than the students who get cooperative learning typed TGT and  GeoGebra at array and belah ketupat array. The average of experimental class I post-test is higher than the average of  experimental class II namely 75,67 and its deviation standard is   while  and its deviation standard is .      Keywords : mathematic reasoning ability, Student Team Achievement Division, Teams Games Tournament, GeoGebraa

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

jpmi

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences Other

Description

INSPIRATIF Jurnal Pendidikan Matematika berisi artikel tulisan dari hasil penelitian, kajian teoritis atau pemikiran inovatif di bidang pendidikan matematika dan/atau pembelajaran baik di sekolah, perguruan tinggi dan kehidupan ...