JURNAL INOVASI PENDIDIKAN MATEMATIKA (JIPM)
Vol. 3 No. 1 (2021)

Pengembangan Media Kelubatar Berbasis Android Pada Pemahaman Konsep Keliling dan Luas Bangun Datar Kelas IV SD

Naila Nur Niswatul Ula (Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Islam Sultan Agung)
Nuhyal Ulia (Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Islam Sultan Agung)
Rida Fironika (Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Islam Sultan Agung)



Article Info

Publish Date
29 Apr 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media Kelubatar berbasis android pada pemahaman konsep kelas 4 SD serta untuk mengetahui kelyakan dan kepraktisannya. Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya pemahaman konsep kelas 4 SD pada materi keliling dan luas bangun datar. Keterbaruan media ini ialah menggunakan android dalam proses penggunaannya. Penelitian ini menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluate). Berdasarkan lima tahapan tersebut pengembangan media Kelubatar dihasilkan dari presentase kelayakan 89,5% sedangkan kepraktisan guru memperoleh presentase 80% dan kepraktisan siswa menperoleh presentase 94%. Uji coba penggunaan produk untuk mengetahui pemahaman konsep mendapatkan presentase 96% dengan kategori “sangat baik”. Berdasarkan hasil tersebut dapat dinyatakan bahwa media Kelubatar merupakan media layak dan praktis untuk materi keliling dan luas bangun datar.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jipm

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

The aims of this journal are to publish research in mathematics education innovations including: teaching and learning, instruction, curriculum development, learning environments, teacher education, educational technology, educational developments, experimental research, classroom action research, ...